Bawa Pil hingga Ribuan Butir, Dua Pemuda Maron Kidul Diamankan

PAJARAKAN – Dua pemuda Desa Maron Kidul, Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo, diamankan polisi lantaran diduga mengedarkan pil trihexyphenidyl. Keduanya diamankan di rumahnya dan langsung dibawa ke Mapolres Probolinggo guna menjalani pemeriksaan.

Informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Bromo, keduanya pemuda yang diamankan itu adalah Ribut Hariyadi, 30, dan Rendi Bahtiar Eka, 30. Mereka sebelumnya memang sudah menjadi Target Operasi (TO) Polres Probolinggo. Penangkapan keduanya dilakukan Sabtu (19/1) sekitar pukul 19.30.

Kasatreskoba Polres Probolinggo AKP Suherly Sanjaya mengatakan, pihaknya telah lama mengintai keberadaan kedua pelaku. Sebab, keduanya memang sudah lama diduga menjadi pengedar pil jenis Trihexipinidly. Pil berwarna putih itu sejatinya merupakan obat sediaan farmasi yang penjualannya harus memiliki izin.

“Kami amankan dirumahnya masing-masing. Mereka kami amankan dalam waktu hampir bersamaan,” tuturnya.

Untuk Ribut, diamankan di rumahnya yang berada di Dusun Krajan RT 19/RW 05. Sedangkan untuk Rendi, diamankan di Dusun Krajan Rt 16/ RW 04. “Saat ini semuanya sudah berada di balik jeruji tahanan Polres Probolinggo. Kami masih memintai keterangan keduanya untuk didalami,” tandasnya.

Masih menurut pria yang akrab disapa Herly ini, selain berhasil mengamankan kedua pelaku sedian farmasi tanpa izin tersebut, juga berhasil mengamankan beberapa barang bukti. Dari tangan Ribut misalnya, petugas berhasil mengatarkan barang bukti 11 paket yang berisi 100 butir, 25 butir diantaranya sudah dibungkus.

Sedangian untuk Rendi hanya didapatkan sebuah smartphone. “dari tangan Ribut, kami juga mengamankan sekitar 1.125 butir. Disamping itu juga ada uang sebanyak Rp 204 ribu,” tandasnya.

Keduanya dikenakan pasal 197 sub 196 UU RI No 36/2009 tentang Kesehatan. Keduanya diduga dengan sengaja menyimpan dan mengedarkan sediaan farmasi atau obat obatan yang tidak memenuhi standart persyaratan keamanan. Selain itu juga tidak memikiki izin edar. (sid/fun)