Naikkan Anggaran Tunjangan Kinerja ASN, Ini Besarannya

HARUS GEMBIRA: Sejumlah PNS di lingkungan Pemkab Pasuruan saat mengikuti apel di kantor kesekretariatan di Jalan Hayam Wuruk. PNS pemkab akan dimanjakan dengan tunjangan kinerja yang nilainya bakal naik. (Mokhamad Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

BANGIL – Mulai tahun ini, Pemkab Pasuruan mengubah sistem pemberian insentif bagi ASN. Awalnya berupa Tunjangan Perbaikan Penghasilan (TPP) menjadi Tunjangan Kinerja. Anggarannya pun naik dari tahun lalu. Dari Rp 98,43 miliar naik menjadi Rp 125,05 miliar.

TPP sendiri baru diberikan sejak tahun 2017. Awalnya, TPP diberikan lantaran gaji pegawai sudah beberapa tahun tidak naik. Karena pertimbangan itu, pegawai Pemkab Pasuruan diberikan tambahan perbaikan penghasilan per awal tahun 2017.

Namun, setelah dievaluasi beberapa tahun ini, Sekda Kabupaten Pasuruan Agus Sutiadji mengatakan, TPP di tahun 2019 tidak hanya berdasarkan eselon dan pangkat pegawai. “Tapi, tahun ini kami juga melihat bobot pekerjaan. Sehingga, juga mempengaruhi pemberian tunjangan kinerja tahun ini,” terangnya.

Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf menjelaskan, pemberian Tunjangan Kinerja bertujuan agar ASN dapat lebih meningkatkan kinerjanya di tempat masing-masing. Termasuk agar lebih banyak inovasi yang dihasilkan dan memaksimalkan pelayanan ke masyarakat.

Menurutnya, Tunjangan Kinerja bagi ASN akan dihitung berdasarkan pangkat jabatan dan kelas jabatan. Juga ada tingkat kehadiran dengan bobot 60 persen, aktivitas harian dengan bobot 20 persen, dan capaian kinerja organisasi sebesar 20 persen. Sedangkan untuk Pegawai Tidak Tetap (PTT), dihitung 80 persen dari tingkat kehadiran dan capaian kinerja 20 persen.

“Untuk skor perhitungannya lewat E-TPP yang dikeluarkan oleh Dinas Kominfo. Selain agar transparan, kalau ada komplain bisa ada penjelasan bagi ASN,” terangnya.

Untuk tahun 2019, besaran anggaran memang meningkat dari tahun lalu. Tahun lalu Rp 98,4 miliar naik menjadi Rp 125,05 miliar di tahun ini.

“Jadi setelah ini, akan ada perhitungan skor per harian dengan surat tugas pimpinan. Akan dihitung kumulatif juga dari kedisiplinan masuk dan pulang kerja. Sehingga, mari kita giat bekerja untuk memajukan Kabupaten Pasuruan,” tegasnya. (eka/fun)