Ternyata Los dan Kios di Pasar Sukorejo Belum Bisa Tampung Semua Pedagang

SUKOREJO – Proyek pasar Sukorejo sudah tuntas dibangun dan siap dioperasionalkan akhir bulan ini. Jumlah los sebanyak 151 unit dan kios 57 unit ini sudah siap ditempati pedagang.

Dari jumlah los dan kios yang sudah dibangun tersebut, ternyata jumlahnya tak mampu menampung semua pedagang di pasar ini. Dari catatan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pasuruan, pedagang di pasar ini jumlahnya mencapai 216 orang. Sementara total los dan kios, hanya berjumlah 208 unit.

Meski begitu, operasional di bulan ini tetap akan dilakukan. Sejauh ini tinggal los dan kios yang ada di dalam saja. “Untuk kios depan sudah clear, tinggal kios dan los dalam saja yang belum. Saat ini proses verifikasi, serta sosialisasi dan masih alot,” ujar Pejabat Pembuat Komitmen (PPKom) Disperindag Kabupaten Pasuruan Syaifudin Zuhri.

Khusus untuk kios dan los dalam, alotnya proses verifikasi dan juga sosialisasinya karena masih ada pedagang yang belum kjebagian tempat. Selisihnya memang hanya delapan pedagang. Namun, Disperindag kini sedang mencari jalan keluarnya.

“Los dan kios anyarnya belum tampung sepenuhnya pedagang. Ini sedang kami carikan solusinya. Karena ada delapan pedagang sebelumnya kiosnya berukuran besar, sebagai penggantinya dapat dua. Jadi masih kurang,” ungkapnya.

Terkait ini, pihaknya menyiapkan langkah jangka pendek membuatkan los atau kios sementara. Itu bisa memanfaatkan lahan yang ada di dalam bangunan anyar tersebut. Kemudian jangka panjangnya, mengupayakan bangun kios dan los tambahan lagi di tahun depan. Bisa dibiayai dari APBN atau APBD.

“Untuk yang blok dalam, jika tak cukup, kami bangun semi permanen di luarnya. Memanfaatkan lahan yang kosong di sekitarnya,” kata Udin sapaan akrabnya. (zal/fun)