Pohon Tumbang di Alun-alun Pasuruan Nyaris Timpa Dua Mobil Ini

PASURUAN – Hujan lebat yang disertai angin kencang yang terjadi di wilayah Pasuruan mengakibatkan pohon tumbang, Kamis sore (17/1). Di wilayah Kota dan Kabupaten Pasuruan dalam waktu yang hampir bersamaan.

Di Kota Pasuruan, hujan lebat berlangsung sekitar dua jam. Sekitar pukul 14.00, sebuah pohon trembesi yang berada di sekitar Alun-alun Kota Pasuruan sisi utara tumbang. Akibatnya, hampir separo badan jalan tertutup.

Dua mobil yang terparkir di sekitar lokasi, nyaris tertimpa pohon tersebut. Dua mobil itu yakni Honda Brio warna merah dengan nopol N 1538 WH dan Toyota Agya warna putih dengan nopol N 1191 WH.

Kedua mobil itu terparkir berdampingan. Berada di sisi barat pohon yang tumbang. “Untung saja tidak kena mobil. Padahal jaraknya begitu dekat,” kata Abdul Rozaq, seorang warga di lokasi.

Sejumlah warga kemudian berdatangan ke lokasi. Sebagian diantaranya membawa peralatan seadanya. Seperti gergaji dan sabit. Warga kemudian memangkasi ranting pohon untuk ditepikan.

Tak lama berselang, petugas dari BPBD Kota Pasuruan juga tiba di lokasi. Bersama warga, petugas mengevakuasi pohon agar tak mengganggu arus lalu lintas. Petugas tampak memangkasi ranting dan dahan pohon menggunakan gergaji mesin.

“Ada 13 personel yang kami terjunkan untuk mengevakuasi pohon yang tumbang. Alhamdulillah proses evakuasi berjalan lancar karena dibantu oleh warga,” ungkap Kepala Pelaksana BPBD Kota Pasuruan, Yanuar Afriansyah. (tom/fun)