Kuota Pupuk Urea dari Pusat Lebih Rendah dari Tahun Lalu, Jumlahnya Jadi Segini

GEMPOL – Pemenuhan pupuk urea tetap mendapat atensi tersendiri dari Dinas Pertanian Kabupaten Pasuruan di tiap tahunnya. Untuk pupuk urea tahun ini, dinas pertanian kabupaten setempat sudah mengajukan ke pusat dan telah disetujui. Tahun 2019 kuota pupuk urea hanya sekitar 36 ribu ton.

Angka tersebut lebih rendah jika dibandingkan dengan lalu. Kuotanya untuk pupuk urea mencapai 42 ribu ton di Kabupaten Pasuruan selama 2018. “Urea tahun ini lebih kecil ketimbang tahun lalu. Angka tersebut berdasarkan atau sesuai dengan total pupuk yang terserap di tahun lalu,” ujar kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pasuruan Ihwan.

Karena sudah diajukan dan disetujui oleh pusat, Ihwan optimistis akan terpenuhi selama setahun di tahun ini dalam penyerapannya. Disamping itu, juga telah diitung berdasarkan data yang masuk ke dinas dari lapangan tiap bulannya di tahun lalu.

“Insya allah mencukupi dan pas. Jika kemudian kurang, maka akan mengajukan tambahan ke pusat lagi,” cetusnya.

Khusus di bulan ini, karena masuk dalam awal tahun, kuota pupuk urea mulai dibagikan, di masing-masing kecamatan yang ada di kabupaten ini. “Penyalurannya dari distributor ke kios resmi, kemudian ke petani melalui kelompok tani yang ada di masing-masing desa atau dusun. Apabila ada penyalahgunaan pemanfaatan atau tak sesuai, silahkan laporkan ke kami,” tegasnya. (zal/fun)