Selain Buku Fisik, Dinas Arsip Juga Buat Aplikasi E-Perpus untuk Tingkatkan Minat Baca

KRAKSAAN – Berbagai cara dilakukan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Probolinggo untuk meningkatkan minat baca di daerahnya. Salah satunya yaitu dengan penyediaan perpustakaan online. Dengan adanya perpustkaan online itu, diharapkan mampu untuk meningkatkan dan memudahkan masyarkat untuk membaca buku.

Pelaksana tugas (PLt) Kepala Dinas Persip, Wiwit Suryaningsih mengatakan, setiap tahunnya kunjungan keperpusda mengalami peningkatan terus. Meski begitu pihaknya harus tetap meningkatkan budaya literasi dikalangan masyarakat harus ada terobosan.

“Tahun ini kami menargetkan jumlah pengunjung perpustakaan sebesar 24.000 orang. Tahun sebelumnya yaitu 2018 sekitar 24 ribu target kami dan terelaisasi sekitar 26.946 orang pengunjung perpustakaan,” katanya saat dikonfirmasi.

Menurut Wiwit-sapaan akrabnya, , untuk meningkatkan budaya literasi, pihaknya kini juga menyediakan aplikasi perpustakaan oniline. “Kami telah memiliki perpustakaan online. Berupa aplikasi. Namanya yaitu e-pusda Probolinggo, ” jelasnya.

Keberadaan e-perpus itu diharapkan mampu meningkatkan budaya membaca. Sebab, mereka cukup buka ponsel, sudah bisa memilih bacaan yang ingin dibaca.

“Untuk di e-pusda itu koleksi bukunya masih terbatas. Tetapi kedepan kami akan terus kembangkan sehingga koleksi bukunya lengkap dan bisa dinikmati oleh seluruh masyarkat Probolinggo,” ujarnya.

Usernya juga masih sekitar 1000-an yang bisa mengakses. Itupun bukan hanya warga di Kabupaten Probolinggo. Tetapi masyarkat di daerah lain juga bisa mengakses.

”Kedepan akan kami batasi hanya masyarakat Probolinggo saja. Sebab, aplikasi itu kami buat untuk memudahkan masyarkaat Probolinggo,” terangnya. (sid/fun)