Sempat Kosong, Stok Darah AB di Kota Probolinggo Aman

KADEMANGAN – PMI Kota Probolinggo sempat kehabisan stok darah golongan AB. Beruntung, Selasa (9/1) malam ada suplai darah AB dari Lumajang sebanyak 15 kantong. Meski masih harus ada tambahan, bisa dikatakan jumlah tersebut aman.

Kepala PMI Kota Probolinggo Indi Eko Yanuarto membenarkan, Selasa (9/1) siang stok darah golongan AB di PMI Kota Probolinggo habis. Pihaknya pun berupaya menghubungi jaringan yang ada. Mengingat, golongan darah AB merupakan golongan yang langka. Bahkan, di Jawa Timur sekalipun, golongan darah ini minim.

“Kami dapat kabar sekitar jam setengah dua bahwa stok darah golongan AB habis. Kami langsung hubungi jaringan yang ada,” terangnya.

Menurutnya, jaringan PMI se-Jatim terbagi menjadi bebeberapa wilayah. Untuk Probolinggo sendiri jaringannya yaitu Lumajang, Jember, Situbondo, Pasuruan, dan Banyuwangi.

Hari itu juga, menurut Indi, PMI langsung berangkat ke Lumajang. “Kami baru dapat stok golongan darah AB Selasa (8/1) malam,” tambahnya.

Selain itu, PMI menurutnya, juga jemput bola dalam kegiatan donor darah. Di antaranya, donor darah di Taman Siswa. Di sini, empat kantong golongan darah AB didapat. Namun, empat kantong itu nantinya masih di-screaning.

“Selain 15 kantong yang sudah siap didonorkan, ada empat kantong dari donor darah. Namun, empat kantong itu masih diuji lab dulu,” bebernya.

Kendati hanya punya 15 kantong darah golongan AB, menurut Indi, PMI Kota Probolinggo sudah keluar dari angka kritis stok darah AB. “Golongan darah AB ini kan jarang. Jadi, bisa dikatakan saat ini termasuk aman,” terangnya. (rpd/hn)