Siapkan Dana Miliaran untuk Percantik Alun-alun Kraksaan, Ini Fasilitas yang Akan Ditambah

KRAKSAAN – Alun-alun Kraksaan rencananya bakal direhab tahun ini. Untuk mempercantik ruang terbuka hijau di ibukota Kabupaten Probolinggo tersebut, pemkab menyiapkan anggaran miliaran rupiah.

Rehab itu hanya berupa perombakan dari segi penataan saja. Ini agar alun-alun Kraksaan yang sudah menjadi ikon tersebut, semakin indah.

Rencana rehab alun-alun Kraksaan itu diungkapkan Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) setempat Donny Ardianto. Menurutnya, rencana untuk melakukan perombakan terhadap tatanan alun-alun itu saat ini masih dalam tahap perencanaan. Untuk di awal tahun ini, pihaknya bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait masih melakukan mengkaji terhadap konsep yang akan dipakai.

“Masih kami godok rencananya. Kemungkinan nanti diupayakan selesai kajian itu pada bulan depan,” ujarnya saat dikonfirmasi, Selasa (8/1).

Pihaknya sendiri saat ini masih belum bisa menyebutkan seperti apa konsep yang akan digunakan untuk mempercantik alun alun kraksaan itu. “Kami tidak bisa membeberkan seluruhnya, karena masih dalam tahap perencanaan. Ini pun masih konsep mentahnya saja. Sekarang denahnya masih digodok bagian arsitek,” tambahnya.

Masih menurut Donny, rencana merombak alun-alun itu masuk dalam proyek revitalisasi Kraksaan. Khusus di alun-alun, nantinya akan dibangun spot bermain anak. Sehingga bisa digunakan lebih baik lagi untuk liburan keluarga.

“Jadi kami akan poles alun-alun secantik mungkin. Begitu pula sisi luarnya, supaya warga yang beraktivitas di taman itu bisa menikmati keindahan dan wahana yang disajikan disana,” terangnya.

Bukan hanya alun alun saja. Tetapi kawasan sekitar alun alun juga turut diperhatikan. Menurutnya, kegiatan itu hanya untuk lebih memajukan kraksaan sebagai pusat pemerintahan yang ada. Tetapi, catatannya dalam pembangunannya tidak akan merubah khas lokal dari daerah itu.

“Semuanya untuk lebih mempercantik saja, tetapi catatannya tidak akan merubah nilai lokalnya. Jadi masih tampak bahwa ini adalah kraksaan. Anggaran yang digunakan untuk rehab itu sekitar Rp 3,2 miliar,” ujarnya. (sid/fun)