Pemkab Pasuruan Bakal Perketat Izin Lingkungan Bidang Industri

BANGIL – Dalam Paripurna Raperda, Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf menjawab seluruh pertanyaan fraksi-fraksi yang disampaikan sebelumnya dalam agenda pemandangan umum. Salah satunya, terkait dengan lingkungan dan pelayanan bidang kesehatan.

Ada 3 rancangan peraturan daerah (raperda) yang dijawab Irsyad Yusuf. Meliputi, Raperda tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Pasuruan 2018-2023. Raperda tentang Perubahan Kedua atas Perda Nomor 6/2015 tentang Pemerintahan Desa. Serta, Raperda tentang Perubahan atas Perda Nomor 2/2014 tentang Retribusi Pelayanan Kesehatan di UPTD Kesehatan Puskesmas dan UPTD Kesehatan Laboratorium Kesehatan Daerah.

Semua pertanyaan fraksi-fraksi atas pemandangan umum terhadap pengantar non-APBD dijawab. Seperti, jawaban kepada Fraksi Gerindra. Irsyad menyatakan, akan memperketat izin lingkungan di bidang industri. Agar kelestarian lingkungan terjaga.

“Selanjutnya akan disiapkan SDM (sumber daya manusia) yang cukup untuk pengawasan dan evaluasi terhadarp izin lingkungan bidang industri yang diterbitkan,” ujarnya.

Terkait retribusi pelayanan kesehatan, memastikan kesiapan UPTD Puskesmas dan Labkesda dalam melaksanakan Perda. “Karena, sudah ada upaya-upaya peningkatan mutu dan pelayanan kesehatan secara berkesinambungan. Termasuk hal ini ditandai dengan sudah terakreditasinya seluruh UPTD Puskesmas dan Labkesda dengan hasil memuaskan,” jelasnya. (eka/rud)