Kantongi Izin, PKL di Jalan Suropati Ini Diperbolehkan Jualan

PURWOREJO – Seorang pedagang kaki lima (PKL) yang mangkal di Jalan Suropati, Kota Pasuruan dan sempat ditertibkan Satpol PP Kota Pasuruan, Tihab Yusuf, kini bisa bernapas lega. Satpol PP memastikan Tihab Yusuf sudah mengantongi izin dari pemilik lahan yang selama ini ditempati untuk mengais rezeki.

Kabid Ketenteraman dan Ketertiban Satpol PP Kota Pasuruan Muhammad Nur Fadholi mengatakan, pihaknya telah memanggil Tihab Yusuf, Senin (7/1). Dari keterangannya, diketahui dirinya berjualan atas seizin pemilik lahan.

Keterangan ini diperkuat dengan adanya surat perjanjian antara pemilik lahan di Jalan Suropati Nomor 47 sisi selatan Pasar Kebonagung, Kota Pasuruan, Sugianto dengan Tihab Yusuf. Dengan persyaratan, Tihab Yusuf selaku PKL buah mampu menjaga kebersihan lahan.

Fadholi menyebut, Tihab Yusuf diperbolehkan berjualan di lahan itu karena lahan yang digunakan untuk berjualan itu murni milik Sugianto, bukan lahan untuk trotoar.

“Dia boleh berjualan lagi asalkan tertib dan mampu menjaga kebersihan. Jumat (4/1), kami tertibkan karena merusak pemandangan. Namun, ternyata dia sudah mengantongi izin. Jadi, kami persilakan berjualan lagi di lahan itu,” ujarnya.

Diketahui, Jumat (4/1) lalu, PKL Tihab Yusuf ditertibkan Satpol PP Kota Pasuruan. Alasannya, lapak yang dibangun pria asal Kecamatan Ranuyoso, Kabupaten Lumajang, di sisi selatan Pasar Kebonagung, Kota Pasuruan, itu dinilai mengurangi keindahan Kota Pasuruan. (riz/rud)