Begini Ekspresi Pemenang usai Menangkan Lomba dengan Lele Seberat 5,2 Kilogram

PROBOLINGGO – Antusias peserta event 2 bulanan Lomba Mancing Bromo Fishing yang berlangsung Minggu (30/12), luar biasa. Pehobi mancing yang hadir memeriahkan lomba, tidak hanya berasal dari Probolinggo. Namun, juga dari Pasuruan, Lumajang, dan sekitarnya.

PARA JUARA: Manajer Keuangan Ainul Mashudi memberikan piala pada pemenang lomba. (Zainal Arifin/Jawa Pos Radar Bromo)

Giyanto Bargowo, panitia Lomba Mancing Bromo Fishing mengatakan, lomba kali ini tak menyisakan slot kosong. “Penuh (peserta, Red). Total ada 114 peserta yang ikut. Ada peserta termuda dari Nguling namanya Akbar, siswa kelas 3 SD,” terangnya.

Panitia menyediakan lele berukuran jumbo. Dengan lele terberat yang berhasil dipancing sekitar 5 kilogram. Giyanto –sapaan akrabnya– mengatakan, sejatinya ada pemancing yang mendapat lele seberat 6 kilogram. Tapi, dinyatakan tidak sah karena mata pancingnya tidak masuk ke mulut ikan.

Besarnya bobot ikan yang disiapkan oleh panitia, membuat sejumlah peserta kelabakan. Sampai-sampai, ada 5 alat pancing yang patah karena tidak kuat menahan beban ikan. “Sebenarnya karena pemancing tidak sabar,” ujarnya mengomentari banyaknya alat pancing yang patah.

Selain itu, untuk menentukan pemenang tidak hanya dari berat ikan yang berhasil diangkat oleh peserta. Namun, juga sah atau tidak ikan tersebut ketika diangkat. Jika pemancing dibantu orang lain untuk mengangkat ikan atau mata kail sudah ada di mulut ikan namun ikan jatuh lagi, maka dianggap tidak sah.

Selain mendapat ikan ukuran jumbo, hadiah yang diberikan panitia juga jumbo. Total hadiah yang diberikan mencapai Rp 18 juta. Dengan juara pertama mendapatkan hadiah Rp 9 juta.

Hasilnya, juara 1 diraih oleh Keramat dengan berat ikan 5,2 kilogram, juara 2 diraih oleh Wahyu dengan lele seberat 4,1 kilogram, dan juara 3 diraih oleh Budi Lumut dengan lele seberat 3,88 kilogram. Kemudian, juara 4 diraih oleh Triple-X dengan lele seberat 3,84 kilogram, dan juara 5 diraih oleh Bawang Merah dengan lele seberat 3,4 kilogram. (put/rf/fun)