Pasang 300 PJU Solar Cell, Wilayah Selatan Jadi Lebih Terang

WONOASIH – Sejumlah ruas jalan di wilayah selatan Kota Probolinggo, makin terang. Sejak beberapa bulan lalu Kementerian Energi, Sumber Daya, dan Mineral (ESDM) RI memasang ratusan lampu penerangan jalan umum (PJU) solar cell. Ratusan lampu ini dipasang atas pengajuan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Probolinggo.

Total ada 300 PJU solar cell yang dipasang. Pemasangan dilakukan sejak Agustus-Oktober 2018. “Pemasangan PJU solar cell diprioritaskan di wilayah selatan,” ujar Kepala Dishub Kota Probolinggo, Sumadi.

Sumadi mengatakan, ada beberapa ketentuan lokasi pemasangan PJU solar cell ini. Salah satunya lokasinya jauh dari saluran listik PLN dan tidak terhalang pepohonan. Agar sinar matahari yang menjadi sumber energi solar cell bisa diserap maksimal. “Salah satu lokasi yang dipasangi Jalan Kiai Syafii. Dekat Pasar Hewan Jrebeng Kidul, Wonoasih,” ujarnya.

Dari pantauan Jawa Pos Radar Bromo, cukup banyak ruas jalan yang dipasang PJU solar cell. Seperti di Jalan Cisadane, Jalan Kalimas, Jalan Porong, Jalan Barito, Jalan Cimanuk, Jalan Mangga, Jalan Gunung Batur, Jalan Kerinci, Jalan Kiai Fadhol, Jalan Wira’i, dan Jalan Talas.

Setiap ruas jalan dipasang dengan jumlah berbeda. Ada yang dipasang 7 unit, namun ada juga yang hanya 3 unit. “Kalau nilai total bantuan PJU solar cell ini tidak tahu, karena diberikan berupa barang. Nanti selama 6 bulan masih dalam pengawasan Kementrian ESDM,” ujar Sumadi.

Adanya pemasangan PJU ini disambut baik sejumlah warga. Mereka mengaku senang karena lingkungannya yang semula gelap, kini lebih terang. “Saya biasanya ke sawah setelah Subuh. Jalan biasanya masih gelap, sekarang sudah ada lampu, alhamdulillah,” ujar warga Kelurahan Curahgrinting, Kecamatan Kanigaran, Suyanto. (put/rud)