Catat, Ini Sejumlah Kegiatan Memeriahkan Malam Pergantian Tahun

PROBOLINGGO – Tidak sekedar mengeluarkan imbauan, larangan, sampai sanksi. Hiburan santun disiapkan sejumlah daerah untuk merayakan malam pergantian tahun dengan lebih aman dan tertib.

Di Kabupaten Probolinggo, Polres Probolinggo bekerjasama dengan Pemkab Probolinggo, menggelar kegiatan khusus di malam tahun baru 2019. Yaitu, Festival Musik Religi dan Hadrah On The Street di Alun-Alun Kraksan.

“Acara ini digelar dengan konsep hiburan yang aman, tertib dan meriah. Termasuk larangan menyalakan petasan atau mercon, serta hal negatif lainya. Semisal pesta miras, pil dan lainnya,” terang Kapolres Eddwi.

Sementara di Kota Probolinggo, malah ada dua kegiatan. Polres Probolinggo Kota bekerjasama dengan Pemkot Probolinggo, menggelar Car Free Night. Acara ini akan dipusatkan di Alun-alun kota, mulai pukul 20.00 hingga malam pergantian tahun. Di sana akan ada berbagai pertunjukan dan ditutup dengan pesta kembang api.

“Kegiatan ini digagas, berkaca dari tahun sebelumnya. Tahun lalu, masih ada beberapa tindak kriminal di malam pergantian tahun,” terang Kapolres Probolinggo Kota AKBP Alfian Nurrizal.

Nantinya, di sekitar alun-alun akan steril dari kendaraan bermotor. Bagi pengunjung yang hendak ke acara tersebut, harus jalan kaki saat memasuki area alun-alun.

Kondisi ini dilakukan, karena tahun lalu, konsentrasi warga khususnya yang membawa motor berada di sekitar alun-alun. Dan hal tersebut jadi pemicu kerusuhan maupun tindak kriminal.

Memang ditegasnya Alfian, tidak ada jaminan apakah malam pergantian tahun akan bebas dari tindak kriminal. Namun, upaya itu setidaknya merupakah langkah preventif untuk meminimalisir efek negatif dari perayaan malam pergantian tahun.

“Daripada nongkrong tidak jelas dan bergerombol, termasuk blayer blayeran pakai motor, dan konvoi, kami fasilitasi pada acara car free night itu,” imbuhnya.

Tidak hanya itu. Pemkot Probolinggo akan menggelar kesenian tradisional Ludruk dengan menggandeng seniman Lokal Mukadi CS. Pagelaran seni ini mengusung tema Rukun Damai.

“Keinginan Wali Kota menjelang pergantian tahun ini menampilkan kesenian tradisional dengan melibatkan budayawan lokal. Kami mengundang Ludruk Mukadi Cs,” ujar Aman Suryana, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Probolinggo, Sabtu (29/12).

Kegiatan ini akan digelar di halaman Kantor Pemkot Probolinggo. Selain mengundang kepala OPD, juga mengundang masyarakat. “Masyarakat boleh hadir menyaksikan. Terutama mereka yang menggemari kesenian tradisional,” ujarnya.

Nantinya, pelaksanaan kesenian ludruk ini tidak ada pengamanan khusus. Hanya melibatkan Satpol PP.

“Kegiatan ludruk ini kan beda jauh dengan acara dangdutan. Tidak ada acara yang mengharuskan untuk berdesak-desakan. Maka dimaksimalkan pengamanan dari Satpol PP,” ujarnya. (rpd/put)