Pohon Tumbang Tutupi Jalan, Akses Menuju Wisata Tretes Putus

PRIGEN – Kamis (27/12) sekitar pukul 23.30, akses wisata Tretes, Kecamatan Prigen, sempat terputus dua jam. Penyebabnya, sebuah pohon tumbang dan menutup semua lajur ruas jalan jurusan Prigen-Pandaan dan sebaliknya.

DIPOTONG: Agar tak menutup akses lama, pohon dievakuasi dengan cara digergaji. (Foto: Rizal F Syatori/Jawa Pos Radar Bromo)

Pohon yang tumbang ini berdiameter sekitar 60 sentimeter. Pohon tumbang ke badan jalan. Tepatnya di depan pintu masuk Kakek Bodo pintu tengah, Kelurahan Pecalukan, Kecamatan Prigen.

Tak ayal, semua kendaraan yang akan melintas tak bisa lewat. Bahkan, harus putar balik. Mulai motor, mobil, dan yang lain. Semua kendaraan kemudian memutar melewati Pasar Prigen-Pecalukan dan Ledug, Prigen.

“Saat kejadian tidak ada angin dan cuacanya cerah. Tiba-tiba saja pohon tersebut tumbang. Ukurannya besar dan panjang. Mungkin umur pohon sudah tua dan rapuh akarnya,” cetus Camat Prigen Mujiono.

Sesaat setelah pohon tumbang, sejumlah pihak datang ke lokasi untuk gotong royong mengevakuasi pohon. Mulai BPBD Kabupaten Pasuruan, Polsek dan Koramil Prigen, Perhutani, dan warga sekitar.

Warga memotong batang dan ranting pohon dengan menggunakan gergaji mesin. Juga ada yang menggunakan alat tradisional seperti kapak dan pisau besar.

“Karena ukuran pohonnya besar, butuh waktu lama proses evakuasinya. Baru tuntas semuanya Jumat (28/12) sekitar pukul 02.00 dini hari,” katanya.

Beruntung saat kejadian berlangsung, arus lalin di ruas jalan tersebut sepi. Sehingga, tak sampai mengakibatkan korban jiwa maupun luka-luka. Juga tak menimbulkan kerugian materiil berarti. (zal/fun)