Investasi di Kabupaten Pasuruan Lampaui Target, Jelang Akhir Tahun Tercatat Rp 8,5 Triliun

DIDOMINASI INDUSTRI: Perusahaan yang berada di wilayah Barat Kabupaten Pasuruan. Hampir sama dengan tahun sebelumnya, investasi yang banyak masuk adalah industri. (Foto M Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

PANDAAN – Iklim investasi yang tumbuh di Kabupaten Pasuruan masih tetap cerah prospeknya. Salah satu pembuktiannya dilihat dari investasi yang masuk di tahun 2018 yang sudah melampaui target.

“Tahun ini investasi kami targetkan Rp 6 triliun, dan realisasinya sudah melebihi target. Nilainya mencapai sekitar Rp 8,5 triliun, tentunya akan bertambah hingga akhir,” kata Misbah Zunib, selaku Plt Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPT) Kabupaten Pasuruan saat dihubungi Jawa Pos Radar Bromo kemarin (27/12) via telepon.

Untuk investasi yang masuk, secara global didominasi tetap dari sektor industri. Utamanya bidang pengolahan, berupa perluasan lahan dan kapasitas produksi. Kemudian menyusul di sektor berikutnya adalah perdagangan, termasuk didalamnya adalah IKM dan UKM. Setelah itu, baru menyusul sejumlah sektor lainnya. Yakni berupa peternakan, perumahan dan lain sebagainya.

“Baik tahun sekarang maupun sebelumnya, untuk investasi urutan pertamanya tetap dan bertahan dalam sektor industri dan perdagangannya. Mayoritas berada di wilayah barat dan selatan kabupaten ini. Di timur juga ada, tapi tak banyak,” tukasnya.

Sama halnya dengan tahun ini dan sebelumnya. Di tahun depan, Misbah sapaan akrabnya, tetap optimistis pertumbuhan investasi di Kabupaten Pasuruan tetap cerah dan bagus. Pasalnya, didukung dengan banyak indikator penting sebagai penunjang dan pendukung utama dilapangan.

Meliputi ketersedian sumber daya alam dan manuasi, lokasi strategis, juga keberadaan ruas jalan dan masih banyak lainnya. “Apalagi ada tambahan beberapa ruas jalan tol baru dan sudah operasional di tahun ini, kami tetap yakin pertumbuhan investasi dikabupaten ini stabil serta bagus. Target tahun depan sekarang sedang dibahas, minimal sama dengan tahun sekarang,” tegasnya. (zal/fun)