CPNS Baru, Hanya Terima Gaji 80 Persen Setahun

PROBOLINGGO – CPNS baru yang diterima dalam proses pendaftaran CPNS tahun 2018 tidak akan mendapatkan gaji utuh selama 1 tahun. Mereka tetap mendapatkan Nomor Induk pegawai (NIP) setelah selesai pemberkasan.

Hal ini diungkapkan Rachmadeta Antariksa, kepala Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset (BPPKA) Kota Probolinggo. “Jika sudah selesai proses pemberkasan, 124 orang ini akan mendapatkan NIP. Namun, hak-haknya belum akan diterima sepenuhnya selama satu tahun ke depan,” ujarnya.

Hak-hak tersebut antara lain seperti gaji pokok dan tunjangan-tunjangan. CPNS baru tidak akan menerima tunjangan kinerja selama satu tahun. “Hanya menerima gaji sebesar 80 persen dari ketentuan,” jelasnya.

Dalam satu tahun ini, CPNS baru harus mengikuti kegiatan prajabatan. Kegiatan ini berupa pelatihan sebagai CPNS.

“Mereka akan mendapatkan pembinaan seperti apa tugas dan fungsi CPNS. Termasuk peraturan-peraturan yang mengikat CPNS,” ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemkot Probolinggo mendapat kuota formasi CPNS sebanyak 124 orang. Proses seleksi Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan seleksi Tes Kompetensi Bidang (TKB) selesai dilakukan beberapa waktu lalu.

Pengumuman akan dilakukan pada 26 Desember 2018 oleh BKPSDM Kota Probolinggo. Bersamaan dengan proses pemberkasan CPNS baru. (put/hn)