Revitalisasi Pasar Nguling Bakal Dilanjutkan Tahun Depan

NGULING – Pengerjaan revitalisasi Pasar Nguling sudah selesai pertengahan Desember lalu. Namun sejauh ini, masih ada tahapan lain yakni finishing yang belum selesai. Sehingga, proses revitalisasi akan dilanjutkan tahun depan. Hal itu berdampak pada upaya merevitalisasi bangunan.

M. Saifudin Zuhri selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Pasuruan mengatakan, pada pertengahan bulan Desember kemarin untuk pengerjaan pembangunan kios sudah 100 persen selesai.

“Untuk pembangunan revitalisasi di Pasar Nguling sudah selesai semua. Hanya saja memang masih ada tahap finishing yang perlu dilakukan,” jelasnya.

Revitalisasi sendiri dilakukan di sebelah utara Pasar Nguling, tepatnya di daerah pasar buah Nguling. Sebelumnya, kondisi lapak di pasar buah tersebut banyak menggunakan lapak seadanya dari kayu.

Sehingga, kondisi memang terlihat kumuh dan tidak rapi. Agar terlihat lebih modern dan bersih, revitalisasi dilakukan untuk membuat kios satu lantai dengan jumlah 50 kios.

Dari pantauan Jawa Pos Radar Bromo Senin (24/12), pembangunan gedung dan kios-kios yang ada di dalam bangunan memang sudah 100 persen selesai. Memang ada pengerjaan pembersihan yang masih dilakukan oleh pekerja di area luar bangunan dan pembersihan di dalam. Namun, dari sisi pembangunan fisik sudah 100 persen rampung.

Untuk dana revitaliasi sendiri adalah dana dari APBD hasil Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) sebesar Rp 2,8 miliar. Zuhri mengatakan, kendati secara fisik sudah 100 persen rampung, masih ada tahapan finishing yang masih akan dilanjutkan di tahun 2019 mendatang.

“Masih ada tahapan finishing untuk pemasangan rolling door, pavingisasi, sampai pengecatan. Dan, tahun depan masih dianggarkan sebesar Rp 1,4 miliar,” jelasnya. (eka/rf)