Cuti Bersama Natal, Penumpang Bus di Terminal Bayuangga Landai

MULAI NORMAL: Sejumlah calon penumpang bus menunggu kedatangan bus di Terminal Bayuangga. Senin (24/12), jumlah penumpang bus landai dibanding Jumat (21/12). (Rizky Putra Dinasti/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

KADEMANGAN – Cuti bersama liburan Natal dan tahun baru 2019 (Nataru) jumlah penumpang bus di Terminal Bayuangga, Kota Probolinggo, Senin (24/12) masih landai. Kenaikan jumlah penumpang justru terjadi pada akhir pekan (21/12).

Petugas tempat penarikan retribusi Terminal Bayuangga, Galih Ferlandi mengatakan, dari data terlihat jumlah penumpang bus meningkat, namun tidak banyak. Kenaikannya sama dibanding Nataru sebelumnya. “Paling banyak Jumat (21/12). Sedangkan Minggu (23/12), termasuk menurun dibanding Jumat lalu,” ujarnya.

Galih mengatakan, jumlah bus juga menurun dibanding Jumat (21/12) lalu. Saat itu, jumlah bus yang datang ke Terminal Bayuangga mencapai 488 bus. Sedangkan, yang berangkat ada 519 bus. Jumlah itu menurun pada Minggu (23/12). Saat itu, jumlah bus yang masuk terminal hanya 445 bus dan yang berangkat ada 441 bus.

“Untuk sementara tidak ada tambahan jumlah bus. Sebab, terbilang masih bisa dikondisikan. Jumlah armada biasanya pada hari normal setiap harinya mencapai sekitar 400 bus. Artinya, kenaikan tidak begitu signifikan,” ujarnya.

Terkait dengan jumlah penumpang, menurut Galih, pada Jumat itu ada 1.527 penumpang yang tiba di Terminal Bayuangga. Sedangkan, yang berangkat mencapai 3.735 orang. Pada Minggu, penumpang yang tiba ada 987 orang dan yang berangkat ada 3.361 penumpang. “Kebanyakan penumpang yang ada akan pulang ke Jember dan Situbondo,” ujar pria 27 tahun tersebut.

Dari pantauan Jawa Pos Radar Bromo, Senin pagi arus lalu lintas di Jalur Pantura Kota Probolinggo meningkat dibanding hari-hari sebelumnya. Termasuk, di Jalan Raya Bromo dan Jalan Soekarno-Hatta Kota Probolinggo. Namun, mayoritas berupa mobil dan motor pribadi. (rpd/rud/mie)