Ormas Ini Tuntut Yudisial Review Capres Independen

MAYANGAN – Puluhan warga dari Organisasi Kemasyarakatan Tikus Piti Hanoto Baris melakukan aksi damai di Jalan Suroyo, Kota Probolinggo, Minggu (23/12). Mereka meminta Mahmakah Konstitusi (MK) melakukan yudisial review.

Sehingga, pihaknya bisa mengusung Tuntas Subagyo menjadi calon presiden dalam Pilpres 2019 melalui jalur independen.

Pembina Tikus Piti Hanoto Baris di Wilayah Probolinggo Raya Sukirman, 64, mengatakan, aksi damai itu dilakukan serentak secara nasional. Khususnya, di wilayah Jawa Timur, Sumatera, kalimantan, dan Papua.

Menurutnya, aksi ini dilakukan untuk menyalurkan aspirasi masyarakat. Dengan harapan MK bisa melakukan yudisial review agar pihaknya bisa memasukkan Tuntas Subagyo sebagai calon presiden pada Pilpres 2019. “Harapanya nanti ada satu regulasi yang menampung aspirasi kami. Yakni, pada Pilpres mendatang ada calon dari independen,” ujar warga Kelurahan Ketapang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo itu.

Sukirman mengakui, pendaftaran calon presiden sudah terlambat. Namun, pihaknya tetap bersemangat untuk berangkat ke MK agar aspirasinya dapat ditampung. “Kami sudah ada tim yang memproses untuk meminta yudisial review. Perkara hasilnya bagaimana, apa kata nanti. Yang jelas semua kemungkinan bisa saja terjadi,” bebernya.

Sukirman mengatakan, perkembangan politik akhir-akhir ini membuat gaduh dan membingungkan masyarakat. Sehingga, perlu perbaikan. Perbaikan bisa terwujud jika tidak lagi berbicara politik antarpartai. Sehingga, menurutnya, penting adanya calon dari jalur independen.

“Perkembangan politik akhir-akhir ini seperti ada pertempuran lewat parpol yang malah membuat masyarakat bingung. Sehingga, dengan kondisi ini kami ingin memiliki satu jalur aspirasi sendiri bukan dari jalur politik melainkan dari independen,” ujarnya. (rpd/rud)