Area Tripper PJB Paiton Terbakar, Baru Terkendali 15 Menit Kemudian

PAITON – Kebakaran terjadi di area Tripper (transporter batu bara) unit PT PJB UP Paiton, Minggu (23/12). Api yang terus membesar membuat gumpalan asap hitam. Beruntung, petugas Fire and Rescue PT PJB UP Paiton langsung turun dan berhasil memadamkan api menggunakan satu unit mobil pemadam kebakaran.

Titik api berasal dari area Tripper unit PT PJB UP Paiton. Kondisi ini membuat para karyawan panik. Mereka langsung berusaha menuju jalur evakuasi untuk menyelamatkan diri.

Dalam waktu sekitar 15 menit, tim petugas Fire and Rescue PT PJB UP Paiton berhasil mengendalikan lokasi kebakaran. Semua api dan titik sumber asap berhasil dipadamkan. Sehingga, kebakaran itu tidak sampai mengganggu produksi listrik terlalu lama.

Kejadian itu merupakan simulasi Bussiness Continuity Plan (BCP). Tujuannya, menguji kesiapan berbagai elemen menangani risiko gangguan terhadap proses produksi. Sehingga, dalam lingkup PT PJB zero accident.

“Giat kejadian kebakaran sampai proses pemadaman oleh tim petugas Fire and Rescue PT PJB UP Paiton merupakan simulasi BCP. Alhamdulillah, tim petugas Fire and Rescue PT PJB UP Paiton maksimal dalam menjalankan tugas,” ujar Pelaksana Harian General Manager PT PJB UP Paiton Anton Meinarijanto.

Dalam kejadian itu, digambarkan tidak sampai menelan korban jiwa. Namun, ada satu karyawan yang terluka dan berhasil diselamatkan.

Anton mengatakan, melalui kegiatan ini perusahaan menguji kesiapan berbagai elemen menangani risiko gangguan terhadap proses produksi.

Anton menjelaskan, dalam simulasi itu semua pihak terbukti siap menghadapi segala kemungkinan risiko yang mengancam proses bisnis perusahaan.

“Risiko seperti ini harus kami hadapi, yang paling penting semuanya siap mulai dari tim emergency, pemeliharaan, hingga logistik,” ujarnya. (mas/rud)