Pencairan PKH Tahap IV Bertambah, Kuota Penerima Jadi Segini

PASURUAN- Di akhir pencairan dana Program Keluarga Harapan (PKH) tahap ke empat, Kementerian Sosial (Kemensos) RI kembali menambahkan kuota tambahan penerima PKH. Kabupaten Pasuruan kebagian tambahan 2.230 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) baru. Mereka baru menerima dana PKH tahap ke empat.

Koordinator PKH Kabupaten Pasuruan Hadi Prayitno mengatakan, jumlah KPM dana PKH sampai tahap ke empat mencapai 87.721 KPM. Namun, per awal Desember 2018, ada tambahan 2.230 KPM. “Tambahan ini KPM yang pada pertengahan tahun lalu sudah kami verifikasi. Sebelumnya masih masuk data cadangan. Setelah dipastikan masuk KPM akhir tahun ini, dana PKH-nya langsung disalurkan,” ujarnya.

KPM tambahan ini hanya mendapatkan dana PKH tahap ke empat atau Rp 260 ribu. Bantuannya juga sudah dicairkan bersamaan dengan pemberian kartu PKH pada 17-18 Desember 2018. “Dalam 2 hari lalu (17-18 Desember) sudah dibagikan kartu PKH-nya. Dana PKH-nya tahap ke empat sebesar Rp 260 ribu juga sudah dicairkan,” jelasnya.

Hadi mengatakan, pencairan dana PKH ke empat atau terakhir pada tahun ini sudah selesai. Sedangkan, untuk dana PKH tahun depan akan berganti skema dengan nonflat atau mengikuti kebutuhan atau komponen peserta PKH. Namun, terkait besarannya masih menunggu petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaan dari Kemensos RI. (eka/fun)