Trayek Angkot Probolinggo Bisa Berubah, Ini Alasannya

DIKAJI: Beberapa angkot yang melintas di jalur utama Kota Probolinggo. Saat ini, Dishub tengah mengkaji trayek angkot. Dimungkinkan, trayek angkot bisa berubah. (Zainal Arifin/Radar Bromo)

Related Post

PROBOLINGGO – Trayek angkutan kota (angkot) di Kota Probolinggo diprediksi akan berubah. Ini, diketahui dari hasil sementara kajian trayek angkot yang tengah dilakukan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Probolinggo.

Kepala Dishub Kota Probolinggo Sumadi mengatakan, saat ini pihaknya tengah mengkaji trayek angkot. “Anggarannya sekitar Rp 25 juta dan kami menggandeng konsultan,” katanya.

Proses kajian ini ditargetkan selesai akhir Desember nanti. “Tapi sudah ada laporan awal. Dan, dari laporan awal kajian, kemungkinan trayek angkot bisa berubah,” ujarnya.

Meski baru dilakukan saat ini, usulan tentang perlunya perubahan trayek angkot sudah ada sejak 2017. Tujuannya, menurut Sumadi, untuk mengakomodasi perubahan tata ruang Kota Probolinggo.

Salah satu perubahan yang mencolok yaitu, banyaknya pembangunan perumahan di wilayah selatan. Namun, hingga saat ini perumahan-perumahan tersebut belum terjangkau akses angkot.

“Awalnya kan ada angkutan pelajar. Tujuannya, untuk mengakomodasi pelajar di perumahan yang belum dilalui oleh angkot. Setelah itu, dikembangkan agar perumahan yang ada memiliki akses terhadap angkot,” lanjutnya.

Namun, Sumadi belum bisa memastikan perubahan seperti apa yang akan terjadi. Mengingat, sampai saat ini kajian perubahan trayek belum selesai. (put/hn)