Pemkot Probolinggo Raih IRSA 2018, Ini Kunci Suksesnya

RAIH IRSA: Wali Kota Probolinggo Hj Rukmini saat menerima penghargaan IRSA 2018 dari Menhub Ir Budi Karya Sumadu dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, prof Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro. (Istimewa)

Related Post

PROBOLINGGO – Fasilitas uji kendaraan yang ada di Kota Probolinggo diakui bisa meningkatkan keselamatan berkendara. Karena adanya fasilitas kendaraan itu pula, Kota Probolinggo meraih Indonesia Road Safety Award 2018 untuk kategori Kendaraan yang Terjamin Keselamatan.

DINILAI LAYAK: Fasilitas uji kendaraan di Jalan KH Hasan Genggong. (Ridhowati Saputri/Radar Bromo)

Penghargaan itu dibersikan Menhub Ir Budi Karya Sumadu dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, prof Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro kepada Wali Kota Rukmini, di Jakarta.

Sumadi, kepala Dishub Kota Probolinggo mengatakan, fasilitas uji kendaraan berakreditasi B itu sebenarnya milik Pemprov Jatim. Namun, dikelola Dishub Kota Probolinggo dengan status pinjam pakai. Salah satu tujuannya, untuk meningkatkan keselamatan berkendara.

“Raihan IRSA Award ini berkaitan erat dengan keamanan kendaraan bermotor untuk kota dengan jumlah penduduk rendah. Artinya, kendaraan di kota telah dijuji melalui fasilitas uji kendaraan ini sehingga keamanan terjamin,” terang Sumadi.

Sumadi sendiri memastikan, setiap kendaraan angkutan umum, baik barang dan penumpang, wajib mengikuti uji kendaraan di tempat ini. Yaitu, di kantor UPT Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB), Jalan KH Hasan Genggong.

Fasilitas uji kendaraan ini pun telah melalui proses akreditasi Kementerian Perhubungan. Secara nasional, masuk dalam 40 fasilitas uji kendaraan akreditasi B.

Ke depan menurutnya, pihaknya akan berkoordinasi lintas satker dengan Dinas PU untuk menyiapkan infrastruktur jalan yang mendukung keselamatan lalu lintas. “Juga dengan Dinas Kesehatan dan RSUD untuk penanganan kecelakaan lalu lintas,” ujarnya. (put/hn)