Kementerian Bebaskan Penarikan Retribusi di Terminal Pandaan

PANDAAN – Kementerian Perhubungan RI memastikan, kendaraan angkutan umum yang melintas di terminal Pandaan bebas penarikan retribusi. Semua kendaraan angkutan umum yang masuk kesana, tak perlu lagi membayar.

Kepastian itu diungkapkan etelah perwakilan dari Kemenhub RI berkunjung langsung ke Terminal Tipe A Pandaan Rabu lalu (12/12). Setelah diserahkan dan dikelola pusat, terminal Tipe A Pandaan, difokuskan untuk pelayanan.

“Semua Terminal Tipe A, termasuk di Pandaan ini. Untuk penarikan retribusi kendaraan angkutan umum dibebaskan atau nol rupiah. Berbeda dengan terminal tipe B dan C yang dikelola oleh daerah,” ujar Gede Wahyudha, staf direktorat angkutan dan multi moda Kementrian Perhubungan RI.

Terkait kebijakan penarikan retribusi tersebut, ia katakan sudah final dan berlaku hingga kedepan. Sebelumnya memang proses pembahasan cukup lama di pusat, dan pengelola terminal tipe A di masing-masing tempat termasuk Pandaan, tidak memiliki kewenangan dan hanya bisa menunggu saja.

“Sengaja retribusinya di bebaskan, karena dilapangan difokuskan murni untuk pelayanan. Jika pada praktiknya ada, maka sanksi tegas akan diberikan pada petugas yang melakukan penarikan,” tegasnya. (zal/fun)