Tahun Depan, Siapkan 3 Ribu Jamban Demi Tambah Desa ODF

BANGIL – Pemkab Pasuruan terus mendorong kepemilikan jamban di setiap rumah. Dana miliaran rupiah dikucurkan untuk merealisasikan program tersebut.

Kepala Bidang Pengembangan Air Bersih dan Limbah Lingkungaan Permukiman Dinas PU Perumahan dan Kawasan Permukiman, Ichwan Adi menguraikan, belum seluruhnya masyarakat memiliki jamban sehat. Padahal, keberadaan jamban sehat itu penting untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Karena itulah, Pemkab terus mendorong adanya kepemilikan jamban di setiap KK. “Bentuknya dengan program ayo bangun WC yang akan direalisasikan kembali tahun depan,” katan Ichwan.

Ia menjelaskan, Pemkab berencana untuk membangun sebanyak 3 ribu jamban tahun 2019. Jumlah itu menanjak dibandingkan tahun 2018 ini yang hanya 2.780 jamban.

Untuk mewujudkannya, Pemkab telah mengalokasikan dana yang tak sedikit. Setidaknya Rp 4,9 miliar dialokasikan, untuk pembangunan jamban di 3 ribu KK itu. “Ada sebanyak tiga ribu jamban yang akan kami realisasikan tahun depan,” urainya.

Pembangunan ribuan jamban tersebut, tidak akan dilakukan Pemkab sendirian. Karena, ada swadaya masyarakat, untuk merealisasikannya. Ichwan menjelaskan, Pemkab hanyalah menyediakan material. “Sementara pembangunannya, akan direalisasikan oleh masyarakat melalui swadaya,” tandasnya. (one/fun)