Pengedar Sabu Asal Gentong Dibekuk saat Tunggu Pembeli di Rumah

GADINGREJO – Nurul Yakin, 38, memang terbilang nekat. Betapa tidak, bisnis haram dimata hukum yang ia jalani selama ini justru seringkali dilakukan di rumahnya. Alhasil, dia berhasil diringkus saat menunggu kedatangan pelanggannya untuk membeli paket sabu.

Kasatreskoba Polres Pasuruan Kota, AKP Imam Yuwono mengatakan penangkapan itu dilakukan berdasarkan banyaknya aduan dari masyarakat. Pelaku yang hanya tamatan SD itu dibekuk petugas dirumahnya yang ada di Kelurahan Gentong, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan, Senin (3/12).

“Banyak laporan dari masyarakat. Karena curiga bahwa dirumah tersangka diduga dijadikan tempat transaksi narkoba,” kata Imam.

Untuk memastikan aduan tersebut, petugas langsung melakukan penyelidikan. Rumah tersangka pun sempat diintai selama beberapa waktu. Setelah kecurigaan petugas menguat, barulah dilakukan penggerebekan.

Saat ditangkap, tersangka memang sedang berada didalam rumah tersebut. Selain menjual, tersangka juga diduga mengkonsumsi sabu untuk dirinya sendiri. Hal itu terungkap saat petugas mendapati sepotong sedotan yang berisi sabu seberat 0,11 gram.

“Selanjutnya kami lakukan penggeledahan. Kemudian ditemukan satu paket sabu seberat 0,32 gram,” ujar Imam.

Tak hanya itu, petugas juga mengamankan dua buah gunting yang digunakan tersangka memotong sedotan untuk mengkonsumsi sabu. “Selain itu sebuah pipet kaca juga kami amankan dari rumah tersangka,” tutur Imam. Seluruh barang bukti itu disembunyikan tersangka didalam kamarnya.

Usai mengantongi sejumlah barang bukti tersebut, petugas langsung menggelandang tersangka ke Mapolres. Saat ini, tersangka telah ditahan untuk proses penyidikan. Ia disangka melanggar pasal 114 atau pasal 112 UU Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika. (tom/fun)