Berdalih Antar Rombongan Pengantin, Pemuda Sekargadung Ini Malah Gelapkan 3 Mobil

PASURUAN – Gara-gara menggelapkan tiga unit mobil rental, Firman Faruq, 24, harus berurusan dengan polisi. Warga Kelurahan Sekargadung, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan itu digelandang ke Mapolres Pasuruan Kota, Selasa (11/12) dini hari. Tiga unit mobil juga berhasil diamankan tim Resmob Polresta Pasuruan.

Firman dilaporkan dua pemilik rental mobil ke polisi 7 Desember lalu. Kepada Zaenal Idrus, 47, pelaku menyewa dua unit mobil Daihatsu Xenia sejak 22 November silam. Saat itu, pelaku berdalih hendak menggunakan mobil rental itu untuk mengangkut rombongan pengantin.

Pelaku kemudian menyepakati harga sewa senilai Rp 225 ribu per harinya. Mobil disewa selama lima hari kedepan. Lantaran sudah terbiasa menyewa mobilnya, Zaenal pun tak menaruh curiga kepada pelaku.

Beberapa hari berselang, pelaku kembali menyewa mobil. Kali ini, mobil Toyota Calya milik Isman Hadi yang disewa sejak 26 November. Kepada korbannya, pelaku juga mengutarakan bahwa mobil sewaan itu akan digunakan rombongan pengantin.

“Tersangka diduga melakukan penipuan dan penggelapan tiga unit mobil dengan modus yang sama,” terang Kasatreskrim Polresta Pasuruan, AKP Slamet Santoso.

Setelah dilakukan penyelidikan, polisi menduga bahwa tiga unit mobil rental itu memang tak digunakan sebagaimana keperluan yang disampaikan pelaku kepada kedua pelapor. Setelah itu, polisi pun menelusuri keberadaan mobil-mobil tersebut.

Setelah itu, sebuah unit mobil Xenia yang disewa pelaku dari Zaenal Idrus diketahui telah digadaikan ke seseorang di Purwosari. Mobil yang digadai senilai Rp 20 juta itu diamankan Senin (10/12).

Dihari yang sama, polisi juga mendapati mobil Calya yang disewa pelaku dari Isman Hadi. Mobil itu juga telah digadaikan senilai Rp 25 juta di Wonorejo. “Kemudian kami lakukan penyelidikan lebih lanjut untuk mencari tahu keberadaan pelaku dan satu unit mobil lainnya,” kata Slamet.

Pelaku kemudian diketahui berada dirumah kerabatnya di Kraton, Selasa (11/12). Petugas langsung meringkusnya dan membawa pelaku ke Mapolres Pasuruan Kota untuk diperiksa lebih lanjut.

“Sedangkan mobil Xenia juga telah digadaikan pelaku ke seseorang senilai Rp 40 juta di Jombang,” ujar Slamet.

Ketiga mobil itu kemudian diamankan di Mapolres Pasuruan Kota untuk dijadikan barang bukti. Selain itu polisi juga menyita kunci mobil dan surat kendaraan lainnya. Saat ini, pelaku sudah ditahan selama proses penyidikan. (tom/fun)