Fix, RSUD Grati Pastikan Terima Pelayanan Pasien BPJS

BANGIL – Pasien BPJS yang hendak menjalani perawatan di RSUD Grati dipastikan tak akan balik kucing lagi. Pasalnya, rumah sakit tipe D itu, sudah bisa melayani pasien BPJS.

Kepastian itu diungkapkan Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan, Ugik Setyo Darmoko. Ia menguraikan, manajemen RSUD Grati sudah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Kerja sama itu dilakukan beberapa pekan lalu. Sehingga, pasien BPJS bisa terjalayani. “Pasien BPJS sudah bisa terlayani per 1 Desember 2018 kemarin,” kata Ugik-sapaannya.

Ia mengakui, sebelumnya pasien BPJS yang hendak menjalani perawatan di RSUD Grati tidak bisa terlayani dengan baik. Mereka diarahkan untuk menjadi pasien umum atau diarahkan ke rumah sakit maupun puskesmas yang bisa mengcover BPJS.

Namun, kondisi itu tidak terjadi lagi. Pasalnya, kerja sama dengan BPJS kesehatan sudah dijalin. Sehingga, pasien BPJS bisa terlayani di RSUD Grati. “Kami sudah bekerja sama dengan BPJS untuk mengkover pasien BPJS di RSUD Grati. Hasilnya, rumah sakit setempat, sudah bisa melayani pasien BPJS,” tukasnya.

Kondisi ini, mendapat respon positif dari Haryanto, sekretaris komisi IV DPRD Kabupaten Pasuruan. Ia memandang, kesehatan merupakan salah satu kebutuhan dasar masyarakat.

Karena itulah, dibutuhkan akses yang mudah untuk mendapatkan perawatan kesehatan. “Dengan tercovernya pasien BPJS di RSUD Grati, tentu akan memudahkan masyarakat untuk memperoleh akses kesehatan. Mengingat, kebanyakan masyarakat sekarang, kan sudah menjadi peserta BPJS,” kata Hariyanto.

Ia menambahan, selama ini warga di wilayah Timur Kabupaten Pasuruan, cenderung kesulitan untuk mendapatkan akses pelayanan kesehatan. Karena, mereka harus ke wilayah Probolinggo, untuk mendapatkan pelayanan rumah sakit.

Dasar itulah, yang kemudian membuat pemerintah merealisasikan pendirian rumah sakit Grati. Legislatif pun, mendukung pendirian rumah sakit di wilayah timur tersebut. “Karena harapan dari kami, masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan terlayani,” pungkasnya. (one/fun)