Wujudkan Smart City, Diskominfo Dorong OPD Aktif Kelola Website

GADINGREJO – Pemkot Pasuruan terus berupaya untuk mewujudkan konsep smart city di Kota Pasuruan. Salah satunya dengan meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) turut serta mewujudkannya. Pemkot berharap smart city dimulai dari tindakan nyata masing-masing OPD.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Diskominfo Kota Pasuruan Fendy Krisdiono mengatakan, keinginan Pemkot Pasuruan mewujudkan smart city terus dilakukan. Rencananya, smart city ini sudah bisa diwujudkan mulai awal tahun depan.

Salah satunya dengan mendorong peran aktif dari OPD dengan aktif menjalankan dan mengelola website-nya. Sebab, selama ini website yang dimiliki OPD tidak pernah aktif. Pemkot berharap seluruh OPD di lingkungan Pemkot Pasuruan rutin membagi informasi dalam website-nya.

“Setiap OPD itu punya website masing-masing. Cuma memang tidak pernah aktif. Ini yang perlu kami ubah. Pemkot kan punya keinginan mewujudkan smart city dimulai dari pelayanan pemerintahan dan publik,” ujarnya.

Fendy menyebut, tahun depan pihaknya akan memasang multimedia command (MMC). MMC ini bisa digunakan untuk memantau seluruh website yang dijalankan oleh setiap OPD di lingkungan Pemkot Pasuruan. Sehingga, OPD yang tidak pernah mengaktifkan website-nya dapat diketahui.

“Kami ingin penyampaian informasi publik juga mendukung smart city. Selama ini hanya lewat baliho. Nah, inilah yang harus setahap demi setahap dihilangkan. Penyampaian informasi sepenuhnya menggunakan media,” ujar Fendy. (riz/rud)