Percepat Masa Panen Kacang Hijau Varian Baru

DRINGU – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Probolinggo mengenalkan tanaman kacang hijau varian baru. Tujuannya, mempercepat masa panen tanaman kacang yang bijinya bulat-bulat kecil berwarna hijau itu. Varian baru ini dianggap mampu bersaing dan lebih cepat panen.

Kabid Tanaman Hortikultura DKPP Kabupaten Probolinggo Handoko mengatakan, tanaman itu lebih cepat panen dibandingkan varian lokal. “Untuk varian ini lebih cepat. Jadi, umurnya pendek sekitar dua bulan saja,” ujarnya.

Handoko mengatakan, meski panen lebih cepat, tidak membuat kualitas kacang hijau ini menurun. Melainkan sama dengan varietas lokal yang waktu panennya lebih lama, berkisar 3 bulanan. “Sama saja tidak ada yang berbeda. Yang berbeda hanya lama masa tanamnya saja. Untuk kualitas tidak jauh berbeda,” jelasnya.

Untuk kali pertama, pihaknya memberikan bibit kepada petani di Desa/Kecamatan Bantaran. Di desa ini sudah ditanami bibit kacang hijau varietas baru ini. Menurut Handoko, tanaman itu sudah berumur sekitar 40 hari. “Tinggal menghitung hari untuk panen. Jika berhasil, ini panen pertama varian Bima di Kabupaten Probolinggo. Semoga saja nanti banyak petani yang menanam varietas ini,” harapnya.

Sejauh ini harga kacang hijau sendiri relatif stabil. Namun, pihaknya tidak mau menambah target lebih banyak demi menjaga kestabilan harga. “Ini bukan tanaman pokok. Jadi, targetnya sekitar 750 hektare. Kami tidak menargetkan lebih tinggi untuk menjaga agar tetap stabil dan tidak over produksi,” ujarnya. (sid/rud)