199 Peserta Tes CPNS Kota Probolinggo Ikuti TKB di Jember

KANIGARAN – Sejumlah 199 peserta tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Probolinggo yang telah lolos dalam tes kompetensi dasar mengikuti tes kompetensi bidang (TKB). Sama dengan sebelumnya, pelaksanaan TKB ini tetap digelar di Balai Serbaguna, Kabupaten Jember.

“Besok (Minggu, 9/12) dilakukan TKB untuk 199 peserta. Pelaksanaannya dilakukan di Jember di lokasi yang sama dengan TKD,” ujar Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Probolinggo Rachmadeta Antariksa, Sabtu (8/12).

Lokasi tes berada di Balai Serbaguna di Kabupaten Jember. Pelaksanaan tes menggunakan sisten komputer seperti saat pelaksanaan TKD. “Dalam TKB ini soal-soal lebih ditekankan pada kompetensi bidang yang mereka pilih. Kalau perawat, pertanyaannya seputar keperawatan,” jelasnya.

Menurut Deta, jumlah daerah yang melaksanakan TKB di Jember lebih banyak dibandingkan saat tes TKD. Selain Kota Probolinggo, ada juga peserta dari Kabupaten Probolinggo, Situbondo, Bondowoso, Blitar, Kota Batu, Kota Pasuruan, Kota Blitar, Kabupaten Malang, dan Kota Malang. “Pelaksanaan tes hanya berlangsung sehari,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya Kota Probolinggo mendapatkan kuota formasi CPNS sebanyak 124 orang. Setelah melalui serangkaian proses, dari ribuan pelamar ada 49 orang yang lolos TKD. Namun, akhirnya Kemenpan RI mengubah skor nilai TKD, sehingga jumlah peserta yang lolos TKD lebih banyak, mencapai 199 orang. (put/rud)