Siapkan Ribuan Relawan untuk Antisipasi Hadapi Musim Bencana

BANGIL – Ribuan relawan disiagakan untuk menghadapi musim bencana. Mereka disebar hampir merata di wilayah Kabupaten Pasuruan.

Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan Bakti Jati Permana mengungkapkan, pemerintah tidak bisa bekerja sendirian dalam mengatasi persoalan kebencanaan. Dibutuhkan peran masyarakat ketika bencana terjadi.

Karena itulah, pihaknya menyiagakan ribuan relawan. Relawan-relawan ini dipersiapkan untuk mengantisipasi di musim bencana.

“Kami membutuhkan peran masyarakat. Dengan wilayah yang begitu luas, tidak mungkin hanya mengandalkan petugas kami yang jumlahnya terbatas. Karena itu, kami menyiagakan relawan-relawan untuk membantu ketika ada bencana terjadi,” ungkap Bakti-sapaannya.

Bakti menambahkan, ada sedikitnya lima ribu relawan yang terdata. Ribuan relawan itu, mencakup berbagai kalangan. Baik ormas, pramuka, dan berbagai lembaga lainnya.

Peran mereka, kata Bakti, sangat vital ketika terjadi bencana. Khususnya, di musim hujan seperti sekarang ini, yang rentan terjadi banjir, longsor, ataupun puting beliung.

“Semakin banyak relawan, tentu akan mempermudah kinerja dalam penanganan bencana. Makanya, jumlah itu bisa saja bertambah,” sampainya.

Ia menambahkan, Kabupaten Pasuruan memang berada di wilayah yang berisiko besar terjadi bencana. Terutama banjir dan longsor. Karena letak geografisnya yang berada di wilayah pegunungan serta tepi lautan.

Pihaknya mencatat, sepanjang 2018 ini terdapat sedikitnya 50 kejadian bencana. “Paling dominan adalah bencana banjir. Kami tidak berharap ada bencana, tapi paling tidak, kami melakukan antisipasi sejak dini,” pungkas dia. (one/fun)