Dari 3.709 Pendaftar, Sudah 3.225 Peserta CPNS Kota Pasuruan Rontok

PANGGUNGREJO – Ribuan peserta tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 dipastikan gagal dalam seleksi CPNS di Kota Pasuruan. Dari 2.670 pendaftar yang lulus tahap administrasi, hanya 484 pendaftar yang dinyatakan lulus tahap seleksi kompetensi dasar (SKD).

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Pasuruan Muhammad Fakih mengungkapkan, awalnya Pemkot mendapatkan formasi sebanyak 256 lowongan di delapan posisi. Jumlah pendaftar CPNS tahun ini sebanyak 3.709 orang. Dan, diketahui 2.670 orang di antaranya dinyatakan lulus.

Jumlah ini pun dipastikan semakin mengerucut setelah hanya 484 pendaftar yang dinyatakan lulus tes CPNS. Rinciannya, 311 guru, 38 tenaga kesehatan, 28 bidan, 7 dokter gigi, 8 dokter umum, 22 perawat, serta 70 tenaga infrastruktur organisasi perangkat daerah (OPD). Sementara satu formasi lagi yakni perawat gigi, dipastikan tidak ada yang lulus karena semua pendaftarnya tidak ada yang lulus tes administrasi.

“Dari 2.670 pendaftar yang lulus tahapan administrasi, hanya 484 yang lulus tes SKD. Saya ucapkan selamat bagi yang lulus. Namun, ini masih ada tes lanjutan,” katanya.

Fakih menyebut, pendaftar yang lulus tahap SKD ini bisa dilihat di website milik BKD yakni bkd.pasuruankota.go.id. Setiap informasi yang berkaitan dengan tes CPNS ini bakal rutin disampaikan pada peserta melalui website tersebut.

Dalam waktu dekat, ratusan pendaftar yang dinyatakan lulus ini bakal mengikuti tahap selanjutnya. Yakni, tes seleksi kompetensi bidang (SKB). Rencananya, pendaftar asal Kota Pasuruan ini bakal mengikuti tes ini di Kabupaten Jember.

“Untuk tanggal pastinya kami belum tahu. Kami masih rutin menjalin koordinasi dengan Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Informasi lanjutan bakal kami sampaikan melalui website kami,” jelasnya. (riz/fun)