Direhab, Wali Kota Minta Pasar Baru Ramah Disabilitas

MAYANGAN– Kota Probolinggo masih minim dengan fasilitas yang ramah bagi penyandang disabilitas. Berbeda dengan Kota Surabaya yang banyak menyediakan fasilitas publik untuk memudahkan Penyandang Disabilitas.

Hal ini diungkapkan Wali Kota Probolinggo Rukmini beberapa waktu lalu, saat mulai membongkar Pasar Baru. Rukmini menaruh harapan agar Pasar Baru bisa menjadi pasar yang ramah bagi disabilitas.

Saat memulai pembongkaran Pasar Baru, Wali Kota Rukmini berharap Pasar Baru lebih ramah bagi semua masyarakat. Termasuk bagi kalangan disabilitas.

“Lantainya dibuat datar jangan berundak-undak. Agar tidak menyulitkan pengunjung disabilitas,” ujarnya.

Rukmini mengungkapkan, saat ini semua fasilitas publik dituntut lebih ramah terhadap penyandang disabilitas. “Dengan lantai pasar  yang datar, Konsumen disabilitas pun bisa ikut belanja. Ini yang dinamakan ramah terhadap disabilitas,” ujarnya.

Namun, belum semua fasilitas publik di Kota Probolinggo sudah ramah terhadap penyandang disabilitas. Salah satu contohnya adalah trotoar yang masih cukup tinggi untuk penyandang disabilitas.

“Yang sudah ramah dalam penyediaan fasilitas publik bagi penyandang disabilitas adalah Kota Surabaya. Di sana trotoar itu rendah. Bahkan, ada jalur untuk naik turun bagi penyandang disabilitas,” ujarnya. (put/hn)