Bangun Jembatan Rusuwa Tembokrejo untuk Permudah Akses Penghuni

UNTUK AKSES PENGHUNI: Jembatan yang dibangun di dekat Rusuwa Tembokrejo. Selain jembatan, rusunawa ini dilengkapi dengan fasilitas lain yang anggarannya menyedot miliaran rupiah. (Foto: Fahrizal Firmani/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

PURWOREJO – Penghuni Rumah Susun Sewa (Rusuwa) Tembokrejo di Kelurahan Tembokrejo, Kecamatan Purworejo dipastikan bakal semakin nyaman saat hendak menuju Rusuwa. Pasalnya, Pemkot membangun akses jembatan di depan Rusunawa setempat.

Pembangunan jembatan ini sudah dilaksanakan sejak senin lalu (3/12). Pelaksanaannya sendiri baru masuk pengerjaan kontruksi jembatan. Ditargetkan jembatan ini rampung akhir Desember dan sudah bisa difungsikan awal tahun 2019.

Kabid Perumahan pada Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kota Pasuruan, Budi Santoso mengungkapkan pembangunan jembatan itu menjadi satu dengan fasilitas lainnya sebesar Rp 2,3 miliar. Namun, adanya re-tender membuat pengerjaannya baru bisa dilakukan Desember.

“Jembatan itu diperuntukkan bagi akses penghuni yang hendak ke Rusunawa. Kendati demikian, warga lain yang hendak mengunjungi penghuni Rusunawa Tembokrejo pun diperbolehkan melintasi jembatan ini,” jelasnya.

Budi menjelaskan pembangunan jembatan ini berbeda dengan pembangunan jalan di sisi utara Rusunawa setempat beberapa waktu lalu. Akses jalan tersebut digunakan untuk kepentingan umum bagi masyarakat setempat.

Kendati pembangunan jembatan ini terlambat, Budi mengaku optimis dapat selesai tepat waktu. Perkim sendiri sudah meminta pada pihak pelaksana untuk mempercepat pengerjaannya. Utamanya, saat ini sudah memasuki penghujan.

“Insya Allah, awal tahun depan sudah bisa difungsikan. Kami pun ingin agar selesai tepat waktu. Supaya penghuni Rusunawa semakin nyaman. Dengan fasilitas yang semakin lengkap, penghuni pun bakal semakin nyaman,” ungkap Budi.

Untuk diketahui, Pemkot terus mempercantik wajah Rusunawa dengan sejumlah fasilitas pendukung. Untuk itu, Perkim sudah mengalokasikan anggaran Rp 2,3 miliar melalui APBD 2018. Anggaran ini diantaranya untuk membangun jalan penghubung rusunawa, tempat parkir dan mushola. (riz/fun)