Pasang Pita Kejut di Simpang 4 Patung Sapi Tahun Depan

PANDAAN – Meskipun penutupan penggal jalan di simpang empat Patung Sapi, Desa Tawangrejo, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, urung dilakukan, namun Balai Besar Pemeliharaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII wilayah Gempol-Kepanjen akan tetap membangun pita kejut. Alasannya, karena di lokasi rawan kecelakaan lalu lintas.

Rencananya, mulai bulan ini dilakukan persiapannya. “Tambahan sarpras berupa pita kejut tersebut rencananya akan kami bangun pada tahun depan, saat ini koordinasi ke pusat. Untuk tahun sekarang belum bisa,” kata Daniel, koordinator pemeliharaan jalan Gempol – Kepanjen dari BBPJN VIII.

Adapun pita kejutnya sendiri, di ruas jalan ini nantinya dibangun empat titik. Masing-masing dua titik dari arah Malang ke Surabaya dan sebaliknya dari arah Surabaya ke Malang juga.

“Pemasangannya nanti ditempatkan pada 100 meter pertama sebelum traffic light di simpang empat Patung Sapi, baik dari arah Malang ke Surabaya dan sebaliknya. Mekanismenya memang seperti itu,” jelasnya.

Sengaja dipasang pita kejut di ruas jalan ini tahun depan. Bagian dari upaya tambahan sarpras untuk memimalisasi terjadinya laka lantas, selama ini kerap kali terjadi. Di samping itu, juga menyerap aspirasi sekaligus permintaan dari warga Desa Tawangrejo.

“Pendanaannya untuk pembangunan pita kejutnya, semuanya dibiayai dari pusat atau APBN,” tegasnya. (zal/fun)