Mau Akhir Tahun, Pengerjaan Proyek Jalan-Drainase di Kota Pasuruan Dikebut

PANGGUNGREJO – Sejumlah proyek infrastruktur berupa jalan dan drainase yang dibangun di Kota Pasuruan kini tengah dikebut. Ini lantaran tahun 2018 bakal segera berakhir. Proyek jalan dan drainase yang dianggarkan melalui dana alokasi khusus (DAK) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPERA) harus selesai sebelum ganti tahun.

Kabid Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pasuruan, Akung Novajanto mengungkapkan pelaksanaan pengerjaan jalan dan drainase melalui DAK sudah mencapai 80 persen. Sesuai kontrak dengan pelaksana, pengerjaan ini harus rampung pada 22 Desember mendatang.

Ia menyebut proyek jalan dan drainase melalui DAK ini hanya menyisakan pengerjaan Jalan Hasanuddin dan Jalan Erlangga. Selain itu, pelaksana sudah mulai mengerjakan proyek drainase terakhir di Jalan Soekarno Hatta di sisi barat Jalan Hasanuddin.

Karena itu, ia mengaku optimistis pengerjaan jalan dan drainase melalui DAK ini bakal rampung sebelum akhir Desember. Pihaknya pun sudah meminta pada pelaksana untuk mempercepat pengerjaan sebab saat ini sudah mulai memasuki penghujan.

“Pengerjaan jalan melalui DAK sudah mulai masuk tahap akhir. Tinggal pengerjaan Jalan Hasanuddin dan Erlangga serta proyek drainase di Jalan Soekarno Hatta. Insya Allah, rampung tepat waktu,” jelasnya.

Seperti diketahui, PUPR melakukan rekonstruksi sejumlah ruas jalan dan drainase tahun ini. sedikitnya ada 13 titik di wilayah perkotaan yang diperbaiki. Total anggaran Rp 69 miliar melalui dana alokasi khusus (DAK) digelontor untuk ke 13 titik ini. (riz/fun)