Persiapan Musim Hujan, BPBD Siagakan 150 Personel Gabungan

PURWOREJO – Memasuki musim hujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pasuruan mulai mengantisipasi terjadi bencana alam. Sabtu (1/12) lalu, BPBD menggelar geladi relawan dan geladi lapang penanganan darurat bencana.

Ada 150 orang dari seluruh organisasi relawan mengikuti kegiatan di Taman Sekargadung, Kelurahan Sekargadung, Kecamatan Purworejo itu. Mereka merupakan petugas gabungan dari senkom, perlindungan masyarakat (linmas), pemadam kebakaran, tanggap bencana, pramuka, Orari, Rapi, dan TNI.

Ketua Pelaksana BPBD Kota Pasuruan Yanuar Afriansyah mengatakan, kegiatan ini untuk meminimalisasi dampak bencana, baik korban jiwa maupun kerugian materi. Sebab, Kota Pasuruan termasuk daerah yang rawan bencana, terutama banjir.

Yanuar menyebut, ada tiga wilayah di sekitar aliran sungai yang termasuk daerah rawan banjir. Yakni, di sekitar aliran Sungai Welang yang melewati Kelurahan Karangketug dan Randusari serta aliran Sungai Petung yang melewati Kelurahan Bakalan dan Blandongan.

Selain itu, aliran Sungai Gembong yang melewati empat kelurahan. Yakni, Kelurahan Pekuncen, Petamanan, Bangilan, dan Kebonsari. Banjir ini dikarenakan hujan lebat di daerah hulu selama lebih dari empat jam. Akibatnya, aliran sungai meluap. Sehingga, berdampak pada permukiman warga dekat aliran sungai.

“Ini persiapan kami dalam menghadapi musim hujan. Kami sebagai BPBD bersama masyarakat melalui forum relawan berupaya semaksimal mungkin untuk penanggulangan bencana,” ujarnya. (riz/fun)