Polisi Identifikasi Pelaku di Lumbang, Jumlahnya 4 Orang

LUMBANG – Aksi percobaan pencurian di Desa Panditan, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Pasuruan, beberapa waktu lalu terus diselidiki kepolisian. Sejumlah barang bukti telah diamankan polisi. Namun, sejauh ini para pelaku masih buron.

Kapolsek Lumbang AKP Suparmin mengatakan, ada sejumlah warga yang telah dimintai keterangan. Di antaranya pemilik rumah yang menjadi sasaran pencuri, Didik, 35. Serta, sejumlah warga yang malam itu turut mengejar pelaku.

Suparmin mengatakan, upaya penyelidikan dilakukan secara maraton. Meski aksi pelaku berhasil digagalkan, namun kejadian itu berbuntut. “Sebab pelaku sudah melukai warga dengan lemparan bondet. Pelaku memang tidak sendirian. Melainkan berkomplot. Jumlahnya sekitar 4 orang,” ujarnya.

Polisi akan segera menyelidiki identitas para pelaku. Sejauh ini, Suparmin menyebut pihaknya masih mengidentifikasi ciri-ciri mereka. Pihaknya juga akan mendalami keterangan para saksi untuk memastikan ciri-ciri pelaku secara lebih jelas.

Selain itu, polisi sebelumnya telah mengamankan sejumlah barang bukti yang diduga kuat milik komplotan pelaku. Yakni, kunci T, delapan bondet, tiga buah kunci motor. Sejumlah barang bukti itu makin menguatkan dugaan polisi, bahwa komplotan pelaku merupakan spesialis pelaku kejahatan.

Di dalam tas berisi barang bukti itu, Suparmin mengaku juga menemukan selembar bon pembelian kayu. Nah, apakah bon pembelian kayu itu berkaitan dengan salah satu pelaku? Suparmin belum banyak berkomentar.

“Makanya nanti akan kami telusuri lebih jauh. Apakah ada kaitannya,” ujarnya. Jika memang berkaitan dengan pelaku, tentu akan dijadikan petunjuk dalam menyelidiki keberadaan pelaku.

Diketahui, Jumat (30/11) dini hari, aksi percobaan pencurian terjadi di Desa Panditan, Kecamatan Lumbang, berhasil digagalkan warga. Upaya menggagalkan pencurian itu membuat salah satu warga terluka karena lemparan bondet pelaku. (tom/rud)