Retribusi Pemakaman Selama 2018 Lampaui Target

PANGGUNGREJO – Retribusi makam dari sejumlah tempat pemakaman umum (TPU) di Kota Pasuruan telah melampaui target. Sepanjang 2018, retribusi dari sektor ini mampu menyumbang Rp 40 juta ke dalam kas daerah.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemakaman Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kota Pasuruan, Wisnu Winarsa mengungkapkan retribusi pengelolaan makam tahun ini ditarget Rp 29 juta. Target puluhan juta ini diperoleh dari enam TPU yang dikelola oleh Pemkot.

Rinciannya, TPU Gadingrejo ditarget Rp 13,5 juta dan tercapai Rp 16,45 juta sampai akhir November. Selanjutnya, TPU Bugulkidul sebesar Rp 4,5 juta dan diperoleh Rp Rp 6,65 juta; TPU Purut I dan Purut II masing masing Rp 4,5 juta dan tercapai masing masing Rp 4,7 dan Rp 5,6 serta Makam Cina Bong dan Kristen Temenggungan sebesar Rp 2 juta dan tercapai Rp 2,35 juta.

“Alhamdulillah, dari target Rp 29 juta sudah terealisasi Rp 40 juta atau sekitar 137 persen. Hal ini tidak terlepas dari penertiban petugas dan kerja sama ahli waris yang sangat baik. Saya ucapkan terima kasih pada mereka,” kata Wisnu.

Wisnu mengaku kendati target sudah terlampaui, pihaknya akan terus memaksimalkan potensi di sisa tahun anggaran 2018. Yakni dengan rutin memberitahu ahli waris untuk melakukan registrasi ulang dan diberi waktu selama enam bulan.

“Kami tetap akan rutin melakukan penarikan pada potensi yang ada. Namun, jika belum ada tanggapan, maka kami memberi waktu enam bulan untuk melakukan registrasi ulang. Tertibnya ahli waris dalam membayar juga untuk mereka. Toh penarikannya hanya setiap lima tahun sekali,”ungkapnya. (riz/fun)