KONI Kabupaten Pasuruan Gelar Bimtek Pelatihan Pelatih dan Penyusunan Program Latihan

PROGRAM KONI Kabupaten Pasuruan terus dijalankan secara masif. Setelah menggelar event besar Pekan Olahraga (POR) ke-1, selama dua hari KONI mengajak seluruh pelatih cabang olahraga untuk mengikuti bimbingan teknis (Bimtek). Mereka diberikan pemahaman tentan teknis kepelatihan, penyusunan program dan bagaimana memahami kondisi atlet masing-masing.

Bimtek digelar pada 23-24 November 2018 di Dalwa Hotel Syariah, Bangil. KONI menghadirkan beberapa narasumber kompeten di bidangnya. Seperti, Mahfud Irsyada, M.Pd, Dr Imantara Subagio, M.Kes, Dr Achmad Widodo, M.Kes, Dr Abdul Azis Hakim, M.Or, dan Awang Firmansyah, S.Or, M.Kes. “Kami berharap dari bimtek ini, para pelatih di semua cabang olahraga bertambah semangat. Tambah mantab dalam melatih atlet. Sehingga, para atlet kita bisa berprestasi lebih banyak di ajang Porprov 2019 serta ajang lainnya,” tegas H Moch Mulyadi, Ketua Umum KONI Kabupaten Pasuruan.

Para narasumber memberikan materi secara bergantian. Di antaranya tentang pengantar program latihan, tahapan target program latihan, indikator latihan dan prestasi. Setelah itu, narasumber juga ikut mendampingi para peserta dalam menyusun program latihan. Diskusi pun berlangsung hangat.

Dalam paraparannya, Dr Imantara Subagia menjelaskan, seorang pelatih memiliki tugas utama untuk menyiapkan atletnya agar dapat mencapai prestasi maksimal dalam suatu pertandingan/perlombaan. “Bagaimana caranya? Pelatih harus menyelenggarakan kepelatihan bermutu. Seperti apa? Pelatihan akan dapat dilaksanakan dengan baik apabila didukung oleh komitmen yang tinggi dan perencanaa yang baik, yang dilaksanakan secara transparan dan akuntabel,” tegas Imantara.

Pada hari berikutnya, giliran peserta yang terbagi dalam kelompok memaparkan hasilnya di depan narasumber. Paparan itu disertai evaluasi. Dan berikutnya, bimtek ini menghasilkan beberapa rekomendasi pada semua pelatih. “Rekomendasi itu harus dilaksanakan para pelatih kepada atletnya masing-masing. Agar kita sama-sama berjuang untuk mendapatkan prestasi terbaik. Ingat! target Porprov kita harus naik. Minimal 7 besar,” tegas Ketum saat penutupan Bimtek. (mut/*)