Pastikan Pembuatan Dokumen Kependudukan di Kota Pasuruan Tak Perlu Surat Pengantar

PANGGUNGREJO – Ini kabar menggembirakan bagi warga Kota Pasuruan yang ingin mengurus dokumen kependudukan. Sebab, pembuatan dokumen kependudukan tidak memerlukan surat pengantar dari kelurahan setempat.

Kabid Kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Pasuruan, Arfat mengungkapkan pembuatan dokumen kependudukan baik itu kartu keluarga atau kartu tanda penduduk (KTP) bisa langsung ke Dispendukcapil. Sehingga, pemohon tidak perlu lagi surat pengantar.

“Ini berdasarkan Perpres Nomor 98 Tahun 2018. Pemohon tidak perlu lagi ke RT, RW atau kelurahan maupun kecamatan untuk membuat surat pengantar,” jelasnya

Arfat menjelaskan pembuatan KK baru hanya membutuhkan surat nikah dan keterangan pindah alamat bagi anggota keluarga. Sedangkan KK perubahan hanya membutuhkan KK lama dan surat pernyataan perubahan. Lalu, untuk pembuatan E-KTP baru hanya perlu menyerahkan KK.

Selanjutnya, perubahan E-KTP dengan menyerahkan KK dan surat keterangan pindah. Kemudian, pembuatan akta kelahiran hanya membutuhkan surat keterangan lahir, buku nikah dan E-KTP dan pembuatan akta kematian hanya memerlukan surat kematian.

Karena itu, ia mengimbau pada wajib E-KTP atau yang hendak membuat dokumen kependudukan lainnya bisa langsung mendatangi kantor Dispendukcapil di Jalan Pahlawan. Pelayanannya pun dilakukan setiap hari kerja.

“Kami melayani pada jam kerja mulai pukul 07.00 sampai pukul 16.00 pada Senin sampai Kamis dan pukul 07.00-14.30 pada Jumat,” jelas Arfat. (riz/fun)