Parkir di Tepi Jalan, Truk Batu Bara Timpa Rumah Warga di Karangjati

PANDAAN – Kecelakaan lalu lintas juga terjadi di Jalan Nasional Jurusan Surabaya-Malang, Dusun Jatianom, Desa Karangjati, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Rabu (21/11) malam, sebuah dump truck bermuatan batu bara terguling dan menimpa teras rumah warga.

Syukur, tak ada korban jiwa dalam kecelakaan tunggal sekitar pukul 21.15 itu. Truk ber-nopol DA 9945 DA ini terguling setelah roda sisi kiri terperosok ke parit di tepi jalan. “Saya memarkir truk ini di tepi jalan untuk membeli air mineral dan rokok di warung. Tak tahunya malah rodanya terperosok parit dan terguling,” ujar sopir dump truck, Andreas, 37.

Warga Surabaya itu mengatakan, meski kendaraannya terguling, muatannya tidak sampai tumpah ke rumah warga. Namun, Kamis (22/11) pagi, muatannya dipindah ke dump truck lain yang didatangkan dari Surabaya. “Muatan batu bara ini dari Surabaya. Rencananya akan kami kirim ke salah satu pabrik di Singosari, Kabupaten Malang,” ujarnya.

Mendapati kejadian itu, anggota Unit Lalu Lintas Polsek Pandaan merapat ke lokasi kejadian. Selain mengatur arus lalu lintas, polisi juga meminta keterangan sopir. Kemarin sore, truk ini belum berhasil dievakuasi. Informasinya masih menunggu alat berat dari Surabaya.

“Sopir dump truck-nya tidak menguasai medan dan malam hari, akhirnya terjadilah insiden ini. Setelah kejadian, fokus kami evakuasi muatannya dulu baru disusul kendaraannya,” ujar Kanit Lantas Polsek Pandaan Iptu Supriyanto. (zal/fun)