Suami Ogah Belikan Kosmetik, Istri Jadi Tak Cantik

PANDAAN – Setiap perempuan pasti ingin terlihat cantik dan menarik. Sama halnya dengan Minthul (nama samaran), 26, warga Pandaan, Pasuruan. Namun, setelah menikah 3 tahun lamanya, Minthul makin tidak terawat dan terlihat kusam. Suaminya yakni Tole (juga nama samaran), 30, makin mengeluhkan kondisi Minthul yang dibilang seperti gembel.

Minthul mengatakan, dia bukannya tak mau merawat diri. Namun, dengan kondisi yang hanya sebagai ibu rumah tangga dan sibuk dengan urusan rumah dan anak, membuatnya tak bisa merawat diri.

“Dulu saya masih bisa beli sendiri urusan make up. Mulai bedak, lulur, parfum, dan sebagainya. Tapi, setelah menikah ya gak bisa lagi kayak dulu,” keluhnya.

Sebelum menikah, Minthul memang sempat pacaran dengan Tole. Saat masih menjadi buruh pabrik, Minthul punya penghasilan sendiri. Sehingga tak hanya urusan kebutuhan makan, tapi juga untuk membeli baju dan sebagainya agar dirinya menarik.

Minthul mengatakan, sejak gadis dirinya bisa dibilang cukup banyak yang suka. Meskipun secara wajah dikatakan biasa saja. Namun, karena Minthul pintar dandan membuat banyak lelaki yang naksir kepadanya. Termasuk Tole yang akhirnya menjadi suami.

Setelah menikah, Minthul pindah ikut tinggal bersama orang tua Tole dan memilih berhenti kerja. Ini, lantaran Tole memang ingin Minthul fokus saja menjadi ibu rumah tangga. “Dulu awalnya senang suami suruh berhenti kerja. Katanya cari duit biar tugas dia. Tapi, lama-lama susah sendiri gak pegang duit,” jelasnya.

Karena hanya Tole sebagai tulang punggung keluarga ditambah ikut memenuhi kebutuhan keluarga besar, gaji suaminya memang pas-pasan. Setelah Minthul melahirkan anak pertama, gaji Tole pun makin serba terbatas. Sehingga, untuk biaya Minthul sendiri tidak ada.

Selama 3 tahun menikah, Minthul sama sekali tak lagi merawat tubuh dan wajahnya. Diakui wajahnya jadi kusam bahkan banyak jerawat. “Pokok saya jadi jelek gak bersih cerah kayak dulu lagi. Lha, gimana gak jelek wong gak pernah dimodalin sama suami,” ungkapnya.

Tak hanya masalah wajah, badannya yang melar dan baju yang tak lagi trendi membuat Minthul sering kali minder juga jika bertemu dengan kawan lamanya. Tapi, Tole dikatakan juga ikutan kejam dan tak sekali dua kali menghina terang-terangan bahwa Minthul seperti gembel.

Padahal, Minthul sudah berkali-kali minta tambahan uang agar bisa merawat diri lagi. Tapi, Tole malah keberatan karena merasa lebih baik uangnya untuk biaya sehari-hari.

Akibatnya, pertengkaran kerap terjadi, selain masalah uang, Minthul juga kerap stres karena tak bisa lagi merawat diri. Terakhir, karena Tole malah kebanyakan keluyuran dengan uang simpanan sendiri akhirnya membuat Minthul pun minggat dan tak lama memilih menggugat cerai ke Pengadilan Agama Bangil. (eka/fun)