BNN Minta Lokasi Kantor Dipindah ke Kraton, Kenapa Ya?

PASURUAN – Pembangunan kantor Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Pasuruan diprediksi masih lama. Namun ada kemungkinan pembangunan Kantor BNNK akan berpindah ke Kecamatan Kraton. Ini lantaran Kecamatan Kraton lokasinya berada di tengah-tengah Kabupaten Pasuruan.

BNNK Pasuruan sendiri sudah resmi dibentuk sejak Mei 2017 lalu. Namun sampai hampir akhir tahun 2018, BNNK Pasuruan masih belum mempunyai gedung sendiri dan masih bertempat di eks Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Pasuruan, di Jalan Veteran, Kota Pasuruan.

Erlang Dwi Permata, Kepala BNN Kabupaten Pasuruan mengatakan bahwa sejatinya sudah mengusulkan segera ada pembangunan gedung di Kabupaten Pasuruan. Tapi karena masih antrean panjang, sehingga dimungkinan baru tahun 2022 ada kuota pembangunan gedung dari BNN Pusat. “Memang masih cukup lama, sekitar 4 tahun lagi,” jelasnya.

Kendati masih cukup lama, Erlang mengemukakan bahwa ada rencana pemindahan lokasi jika mendapatkan kuota dari pusat. Pemkab sendiri sudah menyediakan lahan di daerah Pogar, Bangil. Namun BNNK meminta agar hibah lahan bisa berpindah ke Kraton.

“Kami sudah meminta agar ada pemindahan lokasi. Kami mintanya di Kecamatan Kraton karena lokasinya berada di tengah, sehingga dari wilayah Timur, barat sampai selatan bisa lebih dekat menjangkau,” jelasnya.

Namun BNNK sendiri memang belum mendapatkan kepastian dari Pemkab Pasuruan. Apakah usulan bisa diterima atau tidak, BNNK masih menunggu lagi kebijakan dari Pemkab Pasuruan.

Di sisi lain, Agus Sutiadji selaku Sekda Kabupaten Pasuruan mengatakan, Pemkab Pasuruan masih belum memutuskan terkait permintaan pemindahan lahan hibah untuk kantor BNN. “Ya karena masih lama. Tapi jika sudah ada kepastian bakal segera dibangun, kami pasti akan carikan lokasi yang terbaik untuk BNN Kabupaten Pasuruan,” pungkasnya. (eka/fun)