Selain Cawapres, Haul Mbah Hamid Didatangi Tokoh Penting, Siapa Saja?

PANGGUNGREJO – KH Abdul Hamid memang memiliki karismatik. Ini terbukti, haulnya yang digelar tiap menjelang maulid nabi. Selalu dihadiri jamaah. Bahkan menjadi hari libur lokal untuk Kota Pasuruan. Disamping itu, banyak tokoh yang hadir, selain Cawapres KH Ma’ruf Amin.

Haul dimulai sekitar pukul 08.00. Seperti biasa, ratusan orang sudah memadati kawasan seputar alun-alun dan ponpes setempat. Mereka tidak hanya dari Kota Pasuruan saja, melainkan juga dari sejumlah daerah di Indonesia.

Sejumlah tokoh hadir dalam haul tersebut. Di antaranya, Plt Wali Kota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo, Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf, Wakil Bupati Pasuruan KH Mujib Imron, Wagub Jatim Saifullah Yusuf, serta Menteri Tenaga Kerja RI Hanif Dakiri. Selain itu, sejumlah ulama seperti KH Agoes Ali Mashuri dari Sidoarjo dan Yahya Zainul Ma’arif atau Buya Yahya dari Cirebon.

Dalam sambutannya, pimpinan Ponpes Sunniyah Salafiyah KH Idris Hamid berterima kasih pada seluruh jamaah yang menghadiri kegiatan haul Kiai Hamid. Ia berharap agar kerinduan dan kecintaan pada Kiai Hamid membuat mereka meneladani sosok Kiai Hamid.

“Ulama itu pewaris para nabi. Jika kita cinta pada ulama dengan mengingat kebaikannya dan menghadiri majelis-majelis, insya Allah kebaikan akan selalu menyertai kita di dunia dan akhirat,” katanya.

Dalam Maudhatul Hasanah, Wagub Jatim Saifullah Yusuf mengungkapkan peserta hendaknya meneladani sosok Kiai Hamid. Sebab, banyak pelajaran penting yang bisa diambil dari kehidupannya. Menurutnya, Kiai Hamid itu selalu mengajak masyarakat dalam kebaikan selama hidupnya.

“Dan, ternyata kebaikan inilah yang membuat beliau tetap diingat. Kita ada yang belum pernah ketemu dengan Kiai Hamid. Tapi, haul ini membuktikan jika beliau selalu dirindukan. Amalannya selama hidup ini perlu kita teladani,” ungkapnya. (riz/fun)