KPU Butuh Delapan PPK Baru, Sudah Seleksi Belasan Calon

PASURUAN – KPU Kota Pasuruan kini tengah menyeleksi belasan calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Sebanyak 19 calon telah melalui tahapan administrasi hingga wawancara. Rencananya, KPU bakal mengumumkan hasil seleksi pada 20 November mendatang.

Komisioner Divisi Sosialisasi dan SDM Mulyadi menerangkan belasan calon anggota PPK itu akan ditempatkan di masing-masing kecamatan yang ada. Setiap kecamatan, akan ada dua anggota PPK baru untuk keperluan Pemilu 2019 nanti.

“Hal ini merupakan tindak lanjut keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengakomodasi penambahan komisioner KPU di daerah,” terangnya.

Selama ini, di tiap kecamatan yang ada di Kota Pasuruan hanya ada tiga anggota PPK. Namun, setelah adanya putusan MK tersebut, KPU diperintahkan untuk menambah dua anggota PPK melalui proses rekrutmen.

“Peserta harus dipastikan tidak terdaftar sebagai anggota dan pengurus partai politik. Selain itu, para calon PPK ini bukan merupakan tim kampanye. Baik pada pilkada kemarin dan pemilu mendatang,” kata Mulyadi.

Dia menyebut, pihaknya masih tengah melakukan penilaian terhadap para calon PPK pasca digelarnya tahap wawancara, beberapa waktu lalu. Menurut Mulyadi, penilaian dilakukan dengan sistem ranking.

“Kami ranking dari peringkat tertinggi hingga terendah. Dua calon dengan hasil peringkat tertinggi akan diumumkan sebagai PPK baru,” jelasnya. (tom/fun)