Dicuri di Grati, Truk yang Di-Face Off Ditemukan di Lumajang

PASURUAN – Tak sampai 24 jam menggelar penyelidikan, Tim Resmob Satreskrim Polres Pasuruan Kota berhasil menemukan dump truck yang raib dicuri di Grati, Kabupaten pasuruan. Dump truck tersebut ditemukan di Lumajang.

Informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Bromo, dump truck bernopol N 8598 WE itu milik Amar, 60, warga Desa Karanglo, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan. Sejak Rabu (14/11), dump truck tersebut diparkir di tepi jalan, tak jauh dari rumah pemiliknya.

Kamis (15/11) pagi, Amar kaget setelah mengetahui dump truck-nya raib dari lokasi parkir. Ia pun melaporkan hal itu ke Polsek Grati.

“Setelah itu, kami lakukan penyelidikan bersama Tim Polsek Grati. Kami gali informasi, kemudian informasi yang kami terima ada sebuah truk tak bertuan di Lumajang,” kata Kasat Reskrim Polres Pasuruan Kota AKP Slamet Santoso.

Polisi lalu bergerak ke Lumajang. Slamet mengaku, pihaknya juga berkoordinasi dengan Satreskrim Polres Lumajang untuk menelusuri dump truck tersebut.

Menurut dia, ada sebuah truk yang ditemukan di area perkebunan tebu. Tepatnya di Desa Bence, Kecamatan Kedungjajang, Kabupaten Lumajang. “Namun, kondisi truknya berbeda dengan ciri-ciri truk yang dilaporkan hilang,” terang Slamet.

Sebelumnya, dump truck milik Amar itu dilapisi stiker berwarna biru. Saat ditemukan petugas, truk tersebut justru berwarna kuning yang tak lain ialah warna dasar truk tersebut.

“Kami sudah menduga bahwa truk itu sudah di-face off. Tujuannya, untuk menghilangkan jejak bahwa truk itu hasil curian. Lalu kami pastikan dengan mengecek nopol, nomor mesin, dan nomor rangkanya. Ada kecocokan dengan truk milik korban yang melapor,” jelas dia.

Dump truck itu kemudian dibawa ke Mapolres Pasuruan Kota untuk dijadikan barang bukti. Sejauh ini, Slamet menegaskan truk tersebut memang dicuri. Sebab, ditemukan adanya kerusakan pada bagian pintu dan kunci truk tersebut. Kuat diduga, hal itu ulah pelaku saat hendak membawa kabur truk.

“Selanjutnya kami lakukan pendalaman-pendalaman untuk menyelidiki pelakunya. Kami akan lacak jejak pelaku melalui identifikasi terhadap truk tersebut,” jelas Slamet. (tom/hn/mie)