Pulang Kampung, Buron Pencuri Burung Asal Kebonwaris Dibekuk

PANDAAN – Empat bulan kabur ke Bali karena diburu polisi, Indra Sismayana, 23, harus menyerah juga. Senin (12/11) malam, warga Desa Kebonwaris, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, itu dibekuk Buser Polsek Pandaan, Polres Pasuruan, setelah diketahui pulang kampung.

Pekerja serabutan ini dibekuk polisi sekitar pukul 21.00, di sebuah Pos Kamling tak jauh dari rumahnya. Dia dibekuk polisi karena disangka mencuri burung milik Niko Adi Laknang, 22, warga Kelurahan Petungasri, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Sabtu (9/6), sekitar pukul 02.00.

“Dapat kabar pelaku pulang kampung, kami langsung turun dan berhasil mengamankannya. Dia kami amankan saat sedang santai di Pos Kampling,” ujar Kanitreskrim Polsek Pandaan Iptu Suparlan.

Suparlan mengatakan, dalam kasus pencurian burung ini, pelakunya ada tiga orang. Selain Indra, satu lainnya sudah tertangkap dan menjalani hukuman. Sedangkan satu lagi masih buron. “Peran tersangka ini berada di luar bertugas mengawasi situasi sekitar TKP (tempat kejadian perkara), bukan sebagai eksekutor,” ujarnya.

Karena perbuatannya itu, Indra kini ditahan di Mapolsek Pandaan. Menurut Suparlan, tersangka melanggar pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan. Ancaman hukumannya, tujuh tahun penjara. (zal/fun)