Peserta CPNS di Kabupaten Pasuruan Berguguran di Tahap TKP-TKW

PASURUAN – Sampai hari ketiga pelaksaan tes Computer Assited Tes (CAT) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Pasuruan, Selasa (13/11), banyak peserta yang tak lolos. Umumnya, para peserta yang tak lolos saat mengikuti CAT di SMK Negeri 2 Kota Malang lantaran tak lolos dari passing grade.

Secara teknis pelaksanaan berjalan dengan lancar. Hanya saja masih ada sebagian peserta yang tidak hadir dan minimnya peserta yang lolos passing grade tes CAT.

“Secara teknis tidak ada kendala, namun memang masih ada ditemukan peserta yang tidak datang saat ujian,” jelas Iswahyudi, Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Pasuruan.

Kendati belum mendata jumlah pasti peserta yang tidak ikut tes. Namun setiap sesi kurang lebih ada 6-20-an peserta yang tidak hadir mengikut tes CAT. Dalam sehari ada 5 sesi dengan masing-masing sesi sejumlah 345 peserta. Tes sendiri berlangsung 4 hari mulai 11-14 November dengan total peserta 5.301 orang.

Iswahyudi mengatakan, bagi peserta yang tidak hadir dipastikan langsung tidak lolos. Namun penyebabnya bisa berbagai macam. Ada yang sakit, termasuk ada yang hanya mencoba ikut daftar administrasi.

Selain itu yang dikeluhkan adalah banyaknya peserta tes CAT yang tidak lolos. Iswahyudi mencontohkan dalam hari ketiga, dari sesi 1 hari ketiga dari 345 peserta hanya 18 yang lolos dan di sesi kedua hanya 9 orang yang lolos. Sedangkan di hari lainnya juga kurang lebih 16-18 peserta yang lolos dari jumlah tiap sesi sebanyak 345 orang.

Minimnya peserta yang lolos dikatakan karena passing grade terlalu tinggi. “Paling banyak yang gagal di tes karakteristik pribadi (TKP) dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Jika gagal di satu bidang maka tak lolos semuanya,” jelasnya.

Banyaknya peserta yang lolos, kata Iswahyudi, juga terjadi secara nasional. BKPPD Kabupaten Pasuruan sudah melaporkan ke BKN Pusat dan masih menunggu apakah akan ada kebijakan baru jika ada perubahan hasil passing grade. Ini lantaran jika dibiarkan, banyak yang tidak lolos ke tahap selanjutnya. Nantinya banyak kuota CPNS yang tidak terisi di Kabupaten Pasuruan. (eka/fun)